Kompas.com - 03/04/2013, 15:34 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Kita tentu sering melihat banyak rumah dibangun di suatu tempat untuk meraih keuntungan terbaik dari sebuah pemandangan lanskap yang menakjubkan. Tetapi, kita mungkin tidak banyak melihat rumah yang benar-benar dibangun di dalam lanskap itu sendiri.

Bangunan vila yang didesain oleh arsitek-arsitek asal Ceko, Stempel & Tesar, ini misalnya. Secara fisik, vila tersebut justeru mereka bangun dengan cara "masuk" dan setengah "terbenam" ke dalam bukit di kawasan Cesky raj region.

Menurut para arsitek itu, rumah ini terinspirasi oleh struktur alam di sekitarnya. Pasalnya, ciri khas rumah ini dibuat dari kayu dan batu sehingga harus "menyatu" dengan alam di sekitarnya.

Pembangunan rumah ini membutuhkan para tukang bangunan untuk membuat semacam terowongan yang menembus bukit tersebut. Di situlah, para tukang memulai proyek untuk membuat sebuah ruangan.

Sepintas, proses ini mengingatkan kita pada rumah-rumah di dalam gua, yang dibangun dengan cara mengukir tebing gua dan menjadikannya sebuah ruangan atau rumah.

Baca: Foto Udara Rumah Warisan William dan Kate yang Bebas "Pengintip"

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.