KONSULTASI FENGSUILinda Kho
Linda Kho, belajar feng shui secara otodidak mulai tahun 2002. Lalu belajar feng shui dari Master Vincent Koh (Singapura).

Nih... Kamar Tidur yang Benar Menurut Fengsui!

Kompas.com - 07/03/2013, 09:20 WIB
EditorLatief

Oleh Linda Kho

KOMPAS.com - Ada dua aliran utama dalam fengsui, yaitu San Yuan dan San He. San He fengsui merupakan teori tata letak ruangan, yang arah bangunan hanya dibagi menjadi delapan dan sifatnya permanen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fengsui aliran ini dikenal dengan istilah Delapan Rumah atau Ba Zhai (Eight Mansion). Bardasarkan data kelahiran seseorang, jika dihitung angka Kua-nya, kita dapat menetapkan sektor atau arah yang tepat untuk orang tersebut. Sektor dan arah tersebut sifatnya adalah tetap, tidak berubah dengan dimensi waktu.

Adapun San Yuan fengsui, terkait penataan ruangan sebuah bangunan, peta energinya diidentifikasi berdasarkan 24 arah hadap dan periode pembangunannya. San Yuan tergolong peka terhadap dimensi waktu sehingga sifatnya tidak permanen seperti San He.

Sebagaimana telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, tiga bagian terpenting dari sebuah bangunan menurut ilmu fengsui adalah pintu utama, kamar tidur, dan dapur. Pintu utama merupakan akses masuknya energi ke dalam rumah. Kualitas energi yang masuk ditentukan oleh kualitas dari sektor dan arah hadap letak pintu utama tersebut.

Lain halnya dengan kamar tidur, ruangan seseorang menghabiskan cukup banyak waktu di ruang tersebut dan bersifat diam (tidur). Kondisi ini menjadikan energi yang ada di dalam ruangan tersebut berpengaruh besar terhadap penghuni rumah. Jika dapur merupakan sumber energi dari dalam rumah, karena adanya kompor di ruangan ini, maka dampak buruk yang ditimbulkan cukup kuat terhadap penghuni bangunan tersebut apabila letak dapur dan kompor salah.

Pun, demikian dengan kamar tidur. Untuk mendapatkan kamar tidur yang secara fengsui benar, setidaknya ada tiga hal perlu diperhatikan, yaitu: kondisi fisik kamar tidur, letak kamar dan pintu, dan letak tempat tidur.

Kondisi fisik kamar tidur

Kondisi fisik kamar tidur yang baik adalah yang berbentuk persegi/bujursangkar, dengan atap rata (tidak miring), tidak ada kolom bangunan yang menonjol, baik di sudut ruangan maupun di plafon, bersih, rapi, dan sirkulasi udara lancar.

Letak kamar tidur dan pintu

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.