Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plus Minus Memilih Perabot "Stainless Steel"

Kompas.com - 28/02/2013, 10:53 WIB

KOMPAS.com - Stainless steel atau baja tahan karat secara konsisten telah menjadi salah satu material populer untuk sink atau wastafel dapur. Kepopulerannya tentu bukan tanpa alasan.

Baja tahan karat cenderung mudah dibersihkan dan kuat. Bahkan, material ini juga tersedia dalam berbagai model dan bentuk dengan harga terjangkau.

Stainless steel mengandung kromium dan nikel. Keduanya merupakan material yang mampu bertahan terhadap noda dan karat. Namun, ketahanannya tentu tergantung pada ketebalan yang Anda pilih.

Sink yang terbuat dari bahan ini tersedia dalam ketebalan berbeda-beda. Anda dapat memilih sink dengan ketebalan 16 gauge (lebih tebal dan berkualitas lebih baik) hingga 22 gauge (lebih tipis dan lebih murah).

Sayangnya, menggunakan sink berjenis ini bukan tanpa masalah. Sink berbahan baja cenderung berisik ketika air keran mengalir di atasnya.

Sementara baja yang tipis juga tidak kebal terhadap karat. Ketika lapisan terluarnya sudah mengelupas, ia mudah tergores, penyok, dan berkarat. Untuk itu, Anda perlu terus merawatnya secara teratur.

Untuk merawatnya, Anda dapat menggunakan bahan alami seperti campuran baking soda dan air. Khusus menghilangkan bercak air, masukkan spons ke dalam cuka putih dan segera lap pada bagian yang terkena bercak tersebut. Selain itu, Anda bisa mengusapkan alkohol untuk menghilangkan karat jika wastafel sudah menunjukkan tanda-tanda berkarat.

Selain membersihkan, Anda juga bisa membuat perabot baja ini mengkilap. Anda dapat melakukannya cukup dengan baby oil. Berikan beberapa tetes baby oil pada kertas tisu, kemudian seka wastafel Anda. Bila perlu, Anda juga bisa menggunakan pemoles metal untuk mengilapkan keran yang terbuat dari stainless steel.

Jangan lupa, buanglah selalu sisa kotoran yang tertampung di dalam sink. Ada baiknya, setiap selesai menggunakan sink tersebut, Anda sebisa mungkin mengeringkan bagian permukaannya.

Terakhir, hindari penggunaan deterjen dan sabut baja untuk menggosok. Hal ini akanmudah merusak permukaan sink.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com