Kompas.com - 26/02/2013, 15:41 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Kamar tak hanya untuk tidur. Ada aktivitas penting sebelum dan sesudah tidur yang harus menjadi perhatian dan diwadahi. Apakah itu?

Boleh jadi, Anda selalu nyaman jika tidur di hotel berbintang. Bukan hanya karena memang desain ranjang dan elemen ruangnya berkualitas, tapi ada beberapa hal lain yang juga bisa menjadi inspirasi kamar tidur ini seperti berikut:

1. Sirkulasi memadai

Kamar tidur selayaknya memiliki jalur sirkulasi orang yang memadai, khususnya akses menuju dan dari kamar tidur ke furnitur yang mewadahi aktivitas lain di kamar, seperti bekerja atau merias diri.

2. Pencahayaan seimbang

Pencahayaan kamar juga harus seimbang, baik dari samping, atas, bahkan bawah ranjang. Memang, pencahayaan yang baik tak hanya memberi kesan romantis, tapi juga membuat furnitur ranjang lebih ergonomis, lebih nyaman beraktivitas.

3. Cahaya alami

Anda perlu memaksimalkan pemanfaatan cahaya alami. Manfaat cahaya alami sangat banyak, salah satunya adalah mengurangi risiko datang dan tumbuhnya bakteri anaerob yang berasal dari bahan fabric. Bahan fabric yang lembap bisa menimbulkan bau dan ketidaknyamanan.

4. Kehadiran sofa

Anda bisa menempatkan sofa single di samping ranjang untuk aktivitas pra dan pascatidur. "Menjembatani" aktivitas tidur dan bergerak dengan sofa bisa membuat tidur dan bangun lebih nyaman. (Indra Zaka Permana)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.