Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KONSULTASI FENGSUILinda Kho
Linda Kho, belajar feng shui secara otodidak mulai tahun 2002. Lalu belajar feng shui dari Master Vincent Koh (Singapura).

Penting... Letak Kamar Mandi Menurut Fengsui!

Kompas.com - 21/02/2013, 10:28 WIB

Oleh Linda Kho

KOMPAS.com - Tiga bagian terpenting dari sebuah bangunan menurut ilmu fengsui adalah pintu utama, kamar tidur, dan dapur. Pintu utama sebagai akses masuk energi ke dalam rumah.

Kualitas energi yang masuk ke dalam rumah ditentukan oleh kualitas dari sektor dan arah hadap letak pintu utama tersebut. Sementara kamar tidur, sebagai tempat penghuni rumah menghabiskan cukup banyak waktu dan diam atau istirahat (tidur) menjadikan energi yang ada dalam ruangan tersebut berpengaruh besar terhadap penghuni rumah.

Adapun dapur merupakan sumber energi dari dalam rumah, karena kompor atau tungku terletak di sini. Jika letak dapur dan kompor salah, maka dampak buruk yang ditimbulkan cukup kuat terhadap penghuni bangunan tersebut. Lantas, bagaimana dengan tata letak kamar mandi?

Meski tidak termasuk dalam tiga bagian terpenting dari sebuah bangunan menurut ilmu fengsui, kamar mandi tetaplah perlu diperhatikan. Beberapa catatan penting terkait dengan penataan kamar mandi menurut fengsui bentuk meliputi sebagai berikut:

1. Kamar mandi tidak terletak di sektor tengah bangunan.

2. Lubang kloset tidak boleh mengarah langsung ke pintu kamar mandi. Pemahaman yang banyak ditemukan dalam masyarakat luas, lubang kloset tidak boleh mengarah ke jalan (bagian depan rumah). Hal ini sangat tidak benar.

3. Kamar mandi boleh diletakkan di bawah tangga, sejauh terdapat ventilasi yang cukup.

4. Hindari posisi pintu kamar mandi berhadapan langsung dengan tempat tidur dan dapur.

5. Meski terdengar klise, perlu diperhatikan kebersihan dari kamar mandi. Banyak orang menyadarinya, tapi menyepelekan hal tersebut. Bau tidak sedap dari kamar mandi akan merusak energi di sekitarnya.

Namun, jika menggunakan pendekatan San Yuan Fengsui, peletakan kamar mandi yang tepat baru dapat dilakukan setelah mengetahui arah hadap bangunan secara tepat (berapa derajat) dan tahun pembangunan bangunan tersebut. Karena dari kedua data tersebut, dapat ditentukan peta energi sebuah bangunan.

Pada prinsipnya, kamar mandi diletakkan pada sektor dimana energinya jelek. Mengapa? Karena seseorang berada di dalam kamar mandi hanya sebentar atau dalam waktu singkat. Hal ini berbeda dengan kamar tidur sehingga energi yang buruk tersebut kecil pengaruhnya terhadap penghuni rumah. 

(Penulis adalah praktisi fengsui)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com