Nih... Ampuhnya Garam Sebagai Pembersih!

Kompas.com - 14/01/2013, 11:39 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Membersihkan rumah kini lebih mudah dan sederhana dengan berbagai cairan pembersih yang tersedia di pasaran. Sayangnya, produk pembersih tersebut umumnya mengandung bahan kimia sehingga belum tentu baik untuk kesehatan.

Demi menghindari efek buruk dari bahan-bahan kimia tersebut, ada baiknya mulai kini Anda memanfaatkan bahan-bahan alami ada di rumah Anda. Tahukah Anda, dapur Anda menyimpan "harta kekayaan" berupa bahan-bahan alami pembersih?

Berbagai bumbu dapur dapat Anda manfaatkan sebagai bahan alternatif dalam membersihkan rumah. Salah satu bumbu dapur tersebut adalah garam. Dengan garam, Anda tidak hanya mendapatkan rumah yang bersih dan mengkilap, namun Anda juga bisa menghemat biaya.

Mengkilapkan barang

Pertama-tama, garam mampu mengkilapkan barang-barang yang terbuat dari kuningan atau tembaga. Caranya, campurkan beberapa tetes cuka pada garam dan gosok-gosokkan campuran tersebut pada kuningan dan tembaga Anda.

Membersihkan cerobong

Campuran cuka dan garam juga dapat membersihkan cerobong asap. Cerobong merupakan salah satu bagian dapur yang sering lembab, terekspos minyak, dan uap air. Karena itulah, cerobong asap menjadi salah satu bagian dapur yang sulit dibersihkan. Hanya dengan menggosokkan campuran ini, Anda akan mendapatkan cerobong asap yang bersih kembali.

Membersihkan kaca

Kegunaan campuran cuka dan garam adalah membersihkan kaca. Bersihkan toples kaca Anda dengan menggunakan campuran tersebut. Selain bersih dan mengkilap, toples Anda juga akan bersih dari bakteri.

Pembersih karpet

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X