Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Coffee Table", Hadir Bukan Semata Keharusan

Kompas.com - 23/11/2012, 16:16 WIB

KOMPAS.com - Coffee table merupakan meja yang saat ini hampir selalu ada di ruang tamu di tiap rumah. Meja ceper tersebut biasanya tersedia menemani sofa-sofa Anda. Bahkan, beberapa merk dan penjual perabotan seringkali menyediakan paket berisi seperangkat sofa beserta coffee table.

Lalu, apakah dengan begitu, kehadiran coffee table menjadi sebuah keharusan?

Sebenarnya, coffee table atau meja kopi bukan sebuah keharusan sehingga hanya menjadi sebuah pajangan. Meja kopi merupakan bagian dari perabotan yang memudahkan Anda di rumah.

Kegunaan paling umum dari meja tersebut adalah sebagai tempat Anda menaruh teh atau kopi yang terhidang untuk Anda atau tamu yang berkunjung ke rumah. Meja tersebut juga kerap menjadi tempat untuk menaruh majalah, atau bahkan menjadi tempat beristirahat bagi kaki Anda jika sedang santai tanpa ada orang lain di sekitar Anda.

Selain itu, coffee table sebenarnya juga bisa membuat ruang tamu atau ruang keluarga Anda menjadi lebih menarik. Dalam memilih meja ini, hal pertama perlu dipertimbangkan adalah ukurannya. Jika meja tersebut akan ditempatkan di depan sofa, pastikan panjangnya tidak lebih dari dua pertiga sofa. Selain itu, ketinggian coffee table juga sebaiknya menyamai ketinggian sofa Anda.

Kedua, ada baiknya Anda menilai seberapa besar ruangan tempat menaruh coffee table dan sofa-sofa Anda. Untuk ruangan berukuran kecil, sebaiknya Anda menggunakan meja kopi terbuat dari kaca. Karena kaca cenderung tembus pandang, maka meja tersebut tidak akan "menghalangi" pandangan Anda di dalam ruangan dan membuat ruangan tersebut terkesan penuh.

Sebaliknya, jika ruangan yang Anda miliki berukuran besar, tak ada salahnya memilih meja yang terbuat dari kayu.

Terakhir, walaupun bukan hanya berfungsi sebagai pajangan, namun coffee table memang dapat "berperan" juga sebagai pajangan. Selain itu, apapun yang Anda letakkan di atasnya, juga akan menjadi bagian dari dekorasi rumah Anda.

Untuk itulah, harus Anda pastikan meja tersebut selalu bersih dan rapi. Anda dapat memilih coffee table dengan ruang penyimpanan, terutama jika Anda seringkali membiarkan barang-barang menumpuk di meja ini.

Baca juga:

Uppsss... Ini Bantal Khusus Lajang Kesepian, Laki dan Perempuan!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com