Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Winter Wonderland", Kerja Kreatif dari 50 Keping CD Natal Religi

Kompas.com - 21/11/2012, 15:46 WIB

KOMPAS.com - Perayaan Natal bukan hanya menjadi momentum ramainya produksi album bertema religi bukan. Natal tahun ini juga menjadi momentum membuat karya apapun yang kreatif untuk merayakannya dengan suka cita.

Itulah yang tergambar di Buckinghamshire, Inggris. Seorang seniman bernama Bruce Munro mendapatkan tugas dari National Trust untuh mengubah sebuah rumah besar milik National Trust menjadi sebuah winter wonderland. Bagi Munro, tugas tersebut adalah jalan untuk mengembangkan kreatifitasnya sekaligus mendaur ulang lebih dari 50.000 album lagu-lagu Natal berbentuk CD yang tidak terpakai.

Pemajangan atau karya seni instalasi pertama karya Munro ini memuai decak kagum. Karya tersebut berada di Waddesdon Manor, Buckinghamshire, berjudul Blue Moon on a Platter.

Instalasi seni tersebut menghabiskan begitu banyak CD. Deretan CD tersebut bahkan hampir seukuran amfiteater dengan diameter 28 meter.

Seperti namanya, Blue Moon on a Platter merupakan instalasi berupa "bulan" di atas "piring" atau lingkaran raksasa. Jika "piring" tersebut terbuat dari ribuan CD, "bulan" yang berada di tengah-tengah instalasi tersebut terbuat dari serat oprik berpendar biru. Ukuran diameter "bulan" tersebut mencapai 1,5 meter.

Tak hanya itu. Waddesdon Manor tersebut juga telah dilengkapi hias ornamen Natal. Pengunjung dapat menikmati indahnya dekorasi lampu bertema Natal dan pohon-pohon Natal ini di koridor kamar tidur di sisi timur sayap rumah tersebut.

Rumah bernama Waddesdon Manor ini pada awalnya merupakan rumah keluarga dinasti Rothschild sampai tahun 1957. Setelah itu, rumah tersebut menjadi properti milik National Trust yang paling sering dikunjungi.

Selain instalasi Blue Moon on a Platter dan pohon-pohon Natal itu, instalasi unik masih ada di bagian koridor pantry. Hasilnya, instalasi tersebut membuat pengunjung teringat akan film Alice in Wonderland.

Berminat menyaksikan ini semua? Anda dapat mengunjunginya setiap hari mulai jam 10 pagi hingga 5 sore selama musim liburan Natal nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com