Kompas.com - 26/10/2012, 11:25 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Jangan terburu-buru membuang botol beling bekas dari rumah Anda. Siapa tahu, Anda dapat menggunakannya lagi untuk berbagai keperluan.

Memang, tidak tertutup kemungkinan, Anda memiliki peluang bisnis dari hasil daur ulang botol yang sudah tidak terpakai tersebut. Umumnya, botol-botol bekas itu dapat Anda gunakan lagi sebagai gelas, vas bunga, tempat alat tulis, tempat lilin, obor, bahkan chandelier cantik.

Ada banyak perlengkapan dapat Anda kreasikan dari botol bekas. Namun, sebelum berkreasi, ada beberapa hal sebaiknya Anda lakukan. Karena, Anda kemungkinan perlu mengubah bentuk botol dengan cara memotongnya atau mungkin juga mewarnainya, bahkan memberikan sedikit hiasan agar tampak lebih cantik.

Memotong botol

Untuk memastikan botol dapat digunakan kembali sebagai wadah alat tulis, gelas atau benda-benda lain yang membutuhkan penampang luas, Anda harus memotong bagian mulut botol. Namun, tak perlu pakai gergaji! Anda hanya perlu benang, acetone, gunting, amplas, dan air dingin, bahkan kalau bisa menggunakan es agar air benar-benar dingin. Dengan persiapan ini, Anda sudah dapat memotong sebuah botol.

Caranya, langkah pertamanya adalah menyiapkan air dingin. Isilah sink atau bak cuci piring Anda dengan air dingin. Pastikan air yang ada di dalam bak cukup banyak untuk menenggelamkan botol di dalamnya.

Kemudian, siapkan benang dengan cara memotongnya sedikit lebih besar dari diameter botol dan mencelupkan benang tersebut ke dalam acetone. Ikatlah tali yang telah diceluplan ke dalam acetone pada bagian yang ingin Anda potong.

Setelah Anda yakin tali telah terikat dengan baik pada botol, nyalakan api dan bakar tali tersebut. Ketika api tengah merembet, putarlah botol. Api tersebut akan meningkatkan suhu di area botol yang diikat dengan tali.

Setelah itu, segera masukkan botol ke dalam air dingin. Perubahan suhu yang begitu cepat akan menyebabkan keretakan pada botol dan akhirnya pecah menjadi dua. Selanjutnya, amplas potongan botol agar tidak tersisa bagian-bagian tajam.

Mengecat botol

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.