Memperbaiki Engsel Pintu, Membuang Berisik

Kompas.com - 21/09/2012, 11:58 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Bunyi berderak akibat gesekan besi dengan besi pada engsel pintu, bagi sebagian orang sangat mengganggu karena membuat tidak nyaman yang mendengarnya. Bahkan, ada yang sampai berhalusinasi seperti di film-film horor.

Namun, bagi sebagian orang lain, mungkin merasa tidak terganggu. Bunyi tersebut malah dianggap berfungsi karena tahu ada orang yang masuk atau keluar melalui pintu tersebut. Nah, bila Anda adalah orang yang merasa terganggu dengan suara berisik dari engsel pintu, tips berikut mungkin bisa mengatasinya:

Pemeriksaan

Langkah awal, periksa engsel pintu. Jika hanya kering dan berkarat, cara mudah dan murah adalah mengolesinya dengan minyak goreng. Cara ini cukup efektif mengurangi bunyi derak engsel pintu, tetapi kurang mampu menghilangkan karatnya.

Jika mempunyai dana lebih, bisa membeli cairan pelumas yang sekaligus bisa menghilangkan karat. Cairan ini banyak dijual di supermarket.

Bunyi pintu berderak juga bisa diakibatkan oleh kendornya engsel pintu. Jika hal ini yang terjadi, tak perlu buru-buru memanggil tukang kayu. Anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri bersama keluarga tercinta.

Mengencangkan sekrup

Periksa kondisi engsel pintu. Jika karena sekrup yang kendor, cara mudahnya adalah langsung mengencangkan kembali sekrup tersebut dengan obeng.

Namun, jika sekrup tidak mau dikencangkan, kemungkinan besar rumah sekrup-kayu kusen atau daun pintu sudah longgar. Ganti sekrup dengan ukuran yang sedikit lebih besar dan kencangkan.

Jika cara tersebut tidak berhasil, mungkin karena lubang sekrup terlalu kecil. Cara yang lebih baik adalah melepas daun pintu untuk memperbaikinya agar hasilnya lebih optimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X