Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syaratnya, Mendekorasilah dengan Hati....

Kompas.com - 19/09/2012, 14:31 WIB

KOMPAS.com - Hidup sederhana bukan berarti Anda meninggalkan kehidupan real Anda saat ini. Anda tidak perlu terburu-buru meninggalkan kota besar hanya demi meraih cara "hidup sederhana".

Sebenarnya, hidup sederhana berarti Anda mengerti betul yang Anda gemari. Dengan demikian, waktu, energi, dan uang milik Anda hanya akan Anda habiskan untuk hal-hal berarti, termasuk juga dengan rumah Anda.

Ya, dengan membersihkan benda-benda menumpuk di rumah, menciptakan kebiasaan baru, dan menetapkan prioritas hidup, Anda sudah dapat menyederhanakan hidup Anda di manapun berada. Dekorasi sederhana yang dekat dengan pribadi Anda akan membuat hal di sekeliling Anda tidak mubazir. Berikut ini 10 langkah untuk mulai mendekorasi rumah dengan hati Anda:

1. Lakukanlah "pemanasan"

Maksudnya "pemanasan"? Ya, caranya dengan bertanya kepada diri Anda sendiri, apa sebenarnya yang Anda inginkan dengan menyederhanakan hidup Anda di rumah. Anda bisa membayangkan rutinitas sehari-hari setelah semua hal di sekeliling Anda lebih sederhana.

Dengan kesederhanaan, mungkin Anda mencari ruangan lebih longgar, atau kebersihan, atau kurangnya tekanan stres. Dengan mengetahui hal-hal yang sebenarnya Anda inginkan, Anda dapat memiliki tujuan dari "proyek" Anda. Misalnya, mendapatkan rumah yang terasa lega.

2. Kenangan

Tampilkan barang-barang kenangan, dan singkirkan sisanya. Anda bisa memulainya dengan langkah kecil. Misalnya, jika memiliki sekotak penuh foto-foto lama yang mengingatkan Anda pada kenangan indah, pilihlah foto-foto tersebut, dan pajang di rumah Anda.

Anda bisa memulai aktifitas ini dengan menghabiskan 10 menit setiap Sabtu pagi sekadar untuk membersihkan barang-barang yang menumpuk. Sedikit demi sedikit, Anda akan memiliki rumah yang hanya penuh dengan hal-hal penting dalam hidup Anda.

3. Prioritaskan uang

Mulai sekarang, Anda hanya akan menghabiskan uang untuk "barang berharga" saja. Cara ini efektif untuk menghindari kembali menumpuknya barang di rumah Anda. Jika ingin membeli sesuatu, tanyakan pada diri Anda sendiri, jika barang yang ingin Anda beli harganya sepuluh kali dari harga barang tersebut saat ini, apakah Anda tetap ingin membelinya?

Ide dari langkah tersebut, tentu, agar Anda tidak akan berbelanja untuk barang-barang yang tidak benar-benar Anda butuhkan. Jangan sampai, barang tersebut hanya menjadi keinginan sesaat Anda.

4. Hindari kerumitan

Pastikan semua yang ada di rumah Anda tampak sederhana. Pilihlah warna-warna senada untuk perlengkapan Anda. Rak piring berisi berbagai piring dengan warna dan ukuran berbeda akan memberikan kesan menumpuk dan penuh. Jika piring-piring Anda memiliki warna senada, lemari penyimpanan Anda akan tampak rapih dan jauh lebih menyenangkan.

5. Kontainer mudah diakses

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com