Andy K Natanael: "Siapa Bilang Properti Kita di Titik Jenuh?"

Kompas.com - 19/09/2012, 13:57 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Sebagai seorang pemasar properti yang tengah "naik daun", Andy K. Natanael (41) mengaku berani menjamin kondisi properti di Indonesia saat ini dan ke depan sangat baik. Chief Marketing Officer di PT Modernland Realty Tbk ini mengaku tidak setuju jika ada yang mengatakan, bahwa harga properti saat ini terus meningkat tetapi pembelinya semakin menurun.

"Memang, di beberapa tempat harga properti sudah mencapai titik jenuh. Tapi, harus juga diingat, bahwa konsumen kita masih banyak sekali yang mempunyai rasa bangga untuk bisa mendapatkan properti. Itu potensinya," kata Andy kepada Kompas.com.

Andy, secara retoris mengatakan, untuk apa sebetulnya alasan orang membeli barang atau produk. Menurut dia, ternyata ada empat hal atau alasan orang membeli sesuatu barang atau produk, terutama properti. 

"Pertama, orang membeli karena need, atau karena alasan kebutuhan.

"Saya beli baju ini karena saya memang butuh, terserah mau bajunya warna apa, saya harus beli karena butuh baju. Begitu juga kalau perut sedang lapar, apa saja di meja makan bisa kita lahap, yang penting makan, karena kita memang sedang butuh makan," kata Andy.

Alasan kedua adalah want atau ingin. Andy membedakan alasan ini dengan need.

"Saya butuh baju, maka saya beli baju, di situ ada kebutuhannya. Saya butuh baju untuk kerja, tapi saya ingin warna putih. Berarti sudah ada keinginan, sehingga alasannya bukan cuma butuh. Di situ ada dua alasan mengapa saya beli baju," ujarnya. 

Alasan ketiga, lanjut Andy, orang membeli karena love, lantaran cinta atau sayang.

"Anda membelikan baju untuk isteri Anda karena cinta. Anda membelikan isteri bunga atau berlian, itu kan juga karena cinta. Tapi, hasilnya akan berbeda kalau Anda membelikannya karena butuh. Kalau demikian, Anda membeli karena terpaksa," katanya sambil terbahak.

Alasan keempat, tutur Andy, adalah membeli karena prestise, karena mempertahankan gengsi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X