Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Mengenal Karakter Keramik

Kompas.com - 13/09/2012, 15:55 WIB

KOMPAS.com - Anda perlu mencermati kebutuhan Anda dengan material satu ini supaya pemasangan yang dihasilkan tidak meleset, cepat, tepat, dan ekonomis.

Tidak hanya jeli dalam hal memasang keramik, Anda pun hendaknya memperhatikan juga hal-hal utama mengenai karakteristik keramik. Simak berikut ini:

- Untuk pemasangan keramik beda ukuran dalam sebuah ruang, Anda bisa menggunakan list atau keramik warna lain untuk memberi tanda pembeda jenis keramik.

- Belilah keramik 5% lebih banyak dari kebutuhan untuk cadangan keramik rusak.

- Pel keramik setiap 1-2 m2 lantai hendaknya air harus diganti. Karena air sisa pel mengandung debu dan kotoran, dengan tidak mengganti air sama saja meratakan kotoran tersebut ke ruangan lain.

- Bersihkan dengan polisher . Untuk keramik tanpa glasur atau matt, Anda bisa menggunakan bubuk pembersih khusus (calcium carbonate) untuk menghilangkan noda dan goresan.

- Hindari cairan-cairan keras, sebab nat keramik sangat sensitif dengan air keras. Dikhawatirkan akan menimbulkan kebocoran melalui nat tersebut.

- Untuk pemasangan keramik digital printing, Anda bisa memakai penomoran untuk pengaplikasian. Karena jenis keramik ini merupakan satu kesatuan gambar yang tidak bisa salah tempel.

(Lukkie Putranto)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com