Kompas.com - 03/09/2012, 14:26 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Cara terbaik merawat keramik mozaik adalah dengan membersihkannya secara teratur. Setelah mandi, ada baiknya Anda membiasakan diri menyiram keramik sehingga sabun tidak menempel pada dinding.

Keramik memang akan lebih sulit dibersihkan, jika kotoran menempel pada dinding terlalu lama dan terakumulasi. Untuk itu, buatlah jadwal untuk membersihkan kamar. Lap keramik kamar mandi paling tidak seminggu sekali. Dengan begitu, keramik akan selau bersih dan segar.

Ada beberapa tips untuk Anda merawat keramik mozaik di rumah. Simak berikut ini:

Larutan cuka

Campurkan larutan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Masukan larutan ke dalam botol spray. Selanjutnya, semprotkan larutan tersebut pada dinding secara merata dan diamkan selama 5-10 menit.

Sikat

Bersihkan secara menyeluruh dengan bantuan sikat yang berbulu lembut. Bilas dengan air dan keringkan dengan baik untuk mencegah garis-garis air pada keramik. Jika air mengandung mineral, sisa mineral akan menempel di keramik dan akan terlihat seperti noda putih. Percikan backing soda untuk membantu menghilangkan mineral yang menempel pada dinding keramik. Setelah tercipta gelembung reaksi, tunggu hingga tidak terlihat gelembung.

Bilas

Langkah selanjutnya adalah membilasnya dengan air dan dikeringkan dengan spons atau handuk yang lembut.

Sabun

Metode lainnya bisa dilakukan adalah dengan menggunakan cairan sabun cuci piring. Caranya, campurkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan air hangat, kemudian gosokkan larutan tersebut pada keramik dengan menggunakan spons atau kain. Setelah itu, bilas kembali dengan air dan keringkan. (Richardus Setia Gunawan)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X