Luar Biasa...Inilah Rencana Kantor Baru Facebook!

Kompas.com - 28/08/2012, 11:18 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Mark Zuckerberg telah menunjuk Frank Gehry sebagai arsitek perancang pembesaran kantor pusat Facebook di Menlo Park, dekat Palo Alto, California. Mark Zuckerberg akan membangun sesuatu yang luar biasa bagi karyawannya.

Langkah Zuckerberg tersebut merupakan langkah yang menarik, mengingat posisi Facebook di pasar saham saat ini masih berjuang menunjukkan dominasinya. Adapun Gehry telah diminta untuk membuatkan ruang bagi 3.400 insinyur Facebook untuk bekerja dan mengembangkan hal-hal baru bagi masa depan jejaring sosial tersebut.

Rencana awal menunjukkan, tim dari perusahaan ini akan bergabung dalam satu ruangan besar berkonsep open room. Harapannya, ini akan menjadi kantor open room terbesar di dunia, sembari tetap menjaga misi Zuckerberg "membuat dunia menjadi lebih terbuka."

Bangunan ini nantinya akan "dimahkotai" dengan pepohonan dan akan terkait dengan gedung utama kantor Facebook dengan terowongan bawah tanah. Proses pembangunannya akan dimulai pada 2013 mendatang.

Zuckerberg sendiri telah memuji rancangan Frank Gehry di laman Facebooknya.

"Saya bersemangat bekerja dengan Frank Gehry untuk merancang kampus baru kami. Idenya adalah membuat ruang merancang yang sempurna, sebuah ruangan raksasa yang akan mampu menampung ribuan orang, semuanya cukup dekat untuk berkolaborasi bersama," ujar Zuckerberg.

"Ini akan menjadi open floor plan terbesar di dunia," tambahnya.

Namun, Zuckerberg juga mengaku memiliki banyak privasi dan ketenangan di kantor ini. Atap dari bangunan ini akan menjadi taman untuk komunitas yang ada.

Ia juga menyiapkan pembangunan jalur pejalan kaki yang panjang, sebuah lapangan terbuka, dan banyak tempat untuk duduk. Dari luar tampaknya seperti Anda melihat sebuah bukit di alam.

High tech

Mark Zuckerberg membeli Menlo Park pada Februari 2011 lalu. Menlo Park sebelumnya merupakan kampus Sun Microsystems. Kini, lingkungan Menlo Park dirancang untuk dapat mengakomodasi jam kerja karyawan Facebook yang tidak biasa. Tentunya, tempat ini kini juga sangat high tech.

Boleh jadi, pilihan Mark Zuckerberg atas Frank Gehry memang tepat. Ia adalah arsitek Kanada-Amerika yang meraih berbagai penghargaan di dunia selebriti. Salah satu penghargaan diperolehnya adalah "arsitek paling penting pada zaman ini" yang diberikan oleh Vanity Fair.

Gehry juga dikenal dengan gaya merancangnya yang begitu dekonstruktif. Salah satu rancangannya adalah Guggenheim Museum di Bilbao, aula konser Walt Disney di Los Angeles, dan 8 Spruce Street Tower di New York City.

Sayangnya, saat ini Facebook tidak sedang berada di dalam kondisi paling prima. Saham Facebook yang sebelumnya dibuka pada 28 Dolar AS share, kini jatuh sampai 18,75 Dolar AS minggu lalu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X