KONSULTASI FENGSUILinda Kho
Linda Kho, belajar feng shui secara otodidak mulai tahun 2002. Lalu belajar feng shui dari Master Vincent Koh (Singapura).

Letak dan Bentuk Tangga Menurut Fengshui

Kompas.com - 25/07/2012, 12:09 WIB
EditorLatief

Oleh Linda Kusuma

KOMPAS.com - Dalam diskusi dengan klien, masalah tangga tidak pernah luput dari diskusi intensif. Letak, hadap, jumlah anak tangga, dan bentuk, merupakan pertanyaan-pertanyaan rutin yang terlontar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagian klien umumnya memang sudah memiliki pemahaman-pemahaman tersendiri, yang tentu saja, tidak semua benar. Selain itu, banyak di antara mereka tidak bisa menjawab esensi pentingnya sebuah tangga terletak di tempat yang benar bagi sebuah bangunan.

Posisi tangga merupakan sesuatu yang krusial, karena menentukan baik buruknya kualitas energi bangunan di lantai atasnya. Letak tangga menjadi tidak penting (bebas), ketika di lantai atas tidak digunakan untuk ruangan vital, seperti kamar tidur, dapur, ruang kerja. Sebaliknya, jika di lantai atas digunakan untuk ruangan vital, maka letak tangga tidak boleh sembarangan.

Bentuk tangga

Pada dasarnya, semua bentuk tangga adalah baik. Banyak yang mempersoalkan tentang tangga putar, karena akan merusak energi bangunan. Pendapat ini tidak mutlak salah ataupun benar. Tangga putar akan menciptakan masalah jika terletak di tengah-tengah rumah, ataupun dekat/menghadap pintu keluar.

Hal tersebut sebenarnya juga berlaku untuk bentuk tangga yang lain. Tangga putar di luar ruangan, (untuk ke tempat menjemur pakaian) sebaiknya diberi atap pelindung demi keamanan. Karena panas matahari dan hujan secara langsung dan terus menerus dapat menjadi biang masalah untuk tangga.

Letak tangga

Letak tangga yang baik dapat dijelaskan dengan dua aliran fengshui yang ada, yaitu San Yuan dan San He. Untuk San He, prinsip peletakkan tangga lebih mudah dijelaskan, sedangkan pada San Yuan, lebih sulit karena dibutuhkan perhitungan dan pertimbangan cukup kompleks.

Perhitungan dan pertimbangan tersebut mencakup arah hadap bangunan (24 mountains), tahun pembangunan (periode), posisi relatif ruangan dengan ruangan lainnya, letak pintu, dan lain-lain. Oleh karena itu, dalam artikel ini hanya dijelaskan aliran San He saja.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.