Yuk...Coba "Digital Printing" pada Kaca! - Kompas.com

Yuk...Coba "Digital Printing" pada Kaca!

Kompas.com - 12/07/2012, 12:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi dan inovasi memungkinkan seseorang semakin mudah mengaplikasikan kemampuan fotografi ke dalam desain interior huniannya. Dengan teknologi digital printing pada kaca, tampilan teknik-teknik fotografi dan desain grafis secara modern akan menghiasi rumah Anda.

Menurut Marketing Executive Indoprint, Indri hapsari, ketika ditemui dalam pameran Indonesia Building Technology (Indobuildtech) di Jakarta, akhir bulan lalu, mengatakan teknik digital printing pada kaca ini masih relatif baru. Namun, hasilnya luar biasa karena gambar apa saja dapat dicetak langsung lewat media kaca polos.

"Gambar apa saja dapat kami buat, tergantung pesanan konsumen. Untuk kualitas boleh dibandingkan dengan yang lainnya. Tetapi, produk ini antigores dan tidak berjamur. Hasilnya persis seperti foto atau gambar yang diinginkan konsumen," kata Indri.

Indri menjelaskan, aplikasi cetak dengan media kaca ini tak terbatas pada ruang-ruang tertentu. Hal itu karena aplikasinya bisa dipesan untuk kaca pada meja, splashbacks pada dapur, layar kamar mandi, hiasan di dinding dan masih banyak lagi.

Mengenai ukurannya dimulai dari cetakan ukuran 30 x 40 sentimeter, namun untuk konsumen yang memesan ukuran khusus akan tetap dilayani, misalnya untuk ukuran 20 x 20 sentimeter. Sedangkan harganya, menurut Indri, relatif masih mahal karena teknik mencetak pada kaca ini masih termasuk baru.

"Harga mulai Rp 400.000 – Rp 2.500.000 tapi tergantung ukuran dan pesanannya," katanya.

Selain teknik digital printing pada kaca, teknik lain yang tak kalah menarik adalah teknik digital printing pada keramik. Selain dapat menghadirkan tampilan visual serupa dengan aslinya, teknik ini bisa sempurna dalam penampilannya.

Motif atau gambar yang tercetak pada keramik tidak akan terkesan putus meski ada nat antarkeramik. Kelebihannya, teknik ini mampu memberikan efek timbul pada keramik.

Printing dinilai unggul karena adanya lapisan bahan kimia vetrosa. Pada teknik ini, keramik dilapisi vetrosa pascapencetakan motif. Hasilnya, keramik bisa tahan goresan serta tahan terhadap cuaca panas maupun hujan. Motifnya sendiri bisa diambil dari beragam bahan, bahkan serbuk kaca bisa menjadi salah satunya. Penggunaan printing sebagai pemanis ruangan atau aksen bisa diaplikasikan pada ruang makan, ruang tidur, atau kamar bermain anak bahkan wallpaper.


EditorLatief

Close Ads X