Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Jendela, Beda Pilihan Tirainya

Kompas.com - 22/06/2012, 13:25 WIB

KOMPAS.com - Untuk mendapatkan tampilan jendela yang apik, antara jendela dan tirainya haruslah tepat. Salah satu cara mewujudkannya dengan memadukan pilihan tirai dengan bentuk jendelanya.

Berikut beberapa contoh padu padan antara bentuk jendela dengan jenis tirai yang sesuai:

Jendela besar dan tinggi

Jendela berbentuk besar dan tinggi umumnya bertemakan gaya klasik. Karena itu, pilihlah bahan tirai dengan kesan berat seperti tirai kain berisi bahan dakron. Tirai jenis ini selain berfungsi menimbulkan kesan mewah, dapat menahan udara dingin dari luar.

Sebagai pemanis, Anda dapat menambahkan tassel di area tengah tirai kain yang cenderung besar, tebal, dan panjang. Jangan lupa memakai rel tirai lebih besar dan kuat agar kuat menahan beban tirai kain.

Jendela tinggi dengan bingkai kusen terpisah

Untuk jenis seperti ini, biasanya ada dua sampai tiga buah jendela terpisah kusennya. Pemilihan tirai paling tepat adalah memakai kain gorden dengan model jam pasir dan diikat baguan tengahnya. Pilihan lainnya, Anda bisa menggunakan vitrage saja untuk kesan lebih ringan.

Jendela yang berbatasan langsung dengan dinding

Untuk jenis jendela seperti ini gunakan end cup atau tutup rel yang tidak bersudut agar tepat dengan bentuk ruangan. Anda juga bisa menggunakan model tirai jam pasir atau vitrage. Untuk tampilan menarik lainnya, jangan lupa perhatikan sudut kiri dan kanan dari jendela sebagai acuan ikatan pada tengah tirai.

Jendela lebar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com