Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Untungnya Investasi Properti Sewa?

Kompas.com - 26/03/2012, 14:48 WIB

KOMPAS.com - Bila Anda ingin meneguk keuntungan dari beragam jenis properti, ada baiknya Anda memiliih investasi yang dapat disewakan. Memandang properti sebagai investasi, pilihan ini tentu sebuah langkah bisnis, bukan lagi kebutuhan pribadi.

Apa menariknya mengelola properti yang disewakan? Pengamat properti Panangian Simanungkalit dalam bukunya 'Rahasia Menjadi Miliarder Properti' mengungkapkan, pendapatan dari properti yang disewakan akan tumbuh dari waktu ke waktu. Syaratnya, pemilihan jenis propertinya tepat dan berada pada lokasi-lokasi yang prospektif.

Namun, strategi berinvestasi properti sewa tentu berbeda ketika Anda membeli sebuah rumah untuk dihuni. Hal itu karena Anda harus memperhitungkan inflasi dan pertumbuhan ekonomi untuk menutupi cicilan pinjaman ke bank, sedangkan pembayaran cicilan KPR Anda dalam jangka panjang relatif tetap. Sebuah pengecualian jika dalam jangka pendek terjadi kenaikan tingkat suku bunga KPR.

Untuk mendatangkan keuntungan dari properti yang disewakan, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

Hal pertama perlu dilakukan adalah mengestimasi nilai properti saat ini untuk membuat harga sewa yang pantas. Penghitungannya dapat mempertimbangkan nilai capital rate properti tersebut.

Kedua, Anda harus memprediksikan tingkat kenaikan harga sewa properti dan nilainya untuk lima tahun ke depan. Selanjutnya, Anda harus memikirkan kapan menyewakan properti tersebut sebelum dijual. Serta pikirkan pula apa saja yang dibutuhkan dalam mengelola properti dalam tahap tersebut.

Nah, selamat berinvestasi!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com