Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan, Basmi Jamur Harus Tuntas!

Kompas.com - 02/03/2012, 14:05 WIB

KOMPAS.com - Saat musim hujan seperti saat ini, ruangan dan isinya rentan menjadi lembab lantaran beragam faktor, yang akhirnya menimbulkan serangan jamur. Furnitur basah mudah berjamur dan lapuk, bahkan dinding kamar mandi pun perlahan bisa keropos.

Ruangan lembap adalah kondisi utama yang menyebabkan jamur bisa tumbuh. Untuk itu harus segera dilakukan pencegahan karena di mana ada kelembapan, di situ ada jalan bagi jamur untuk tumbuh. Maka, bila Anda melihat bintik-bintik berbulu putih atau kehijauan-hitam bermunculan di sekitar wastafel kamar mandi Anda, cara termudah mencegah pengerumunan adalah dengan membersihkan dan keringkan permukaan. Berikut adalah tips tentang bagaimana cara membersihkannya dengan benar:

Perhatikan ukurannya

Bersihkan area berjamur kurang dari 10 meter persegi. Jika daerah yang terkena lebih besar, sebaiknya ditangani oleh profesional. Jamur dengan jumlah besar bisa menjadi racun bagi kesehatan Anda.

Temukan sumber air

Perbaiki kebocoran air atau apapun yang dapat menjadi sumber kelembapan. Jika uap yang menyebabkan kelembapan, ingatlah untuk menggunakan kipas kamar mandi dan dapur atau membuka jendela untuk meningkatkan ventilasi.

Gosok jamur dari permukaan keras

Pada permukaan seperti genteng atau marmer, jamur dapat dengan mudah dibersihkan dengan campuran setengah cangkir pemutih, satu liter air, dan deterjen. Jika jamur tak bergeming, ulangi kembali, tapi biarkan campuran pembersih meresap ke dalam jamur selama sekitar lima menit sebelum menggosoknya lagi.

Membersihkan dari material yang mudah menyerap

Jamur dapat tumbuh di sudut dan celah dari permukaan berpori atau berspon seperti karpet. Dalam kasus terburuk, di mana ada sejumlah besar jamur tumbuh di atas karpet, Anda harus membersihkannya secara keseluruhan.

Namun, jika handuk dan pakaian yang terkena, pertama rendam dalam air dengan pemutih selama setengah jam. Kemudian, bilas dan cuci kembali melalui mesin cuci dan pengering seperti biasa.

Membersihkan pada kayu

Bau busuk dapat tercium pada mebel kayu yang ditumbuhi jamur. Untuk membersihkannya, gunakan vakum dengan alat sikat, lalu sedot setiap sporanya. Jika selesai, tunda dulu pekerjaan membuang tas kotoran vakum dan membersihkan alat. Hapus noda jamur secara hati-hati dengan kain basah yang direndam dalam deterjen piring dan air hangat. (Bella Wiraniskala/www.stylelist.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com