Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Depok Akan Jadi "Hutan Beton", Mirip Sudirman

Kompas.com - 25/01/2012, 11:41 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, menyiapkan sepanjang Jalan Margonda Raya untuk dijadikan pusat bisnis dan perkantoran. Keran bagi investor semakin diperluas.

"Kami membuka seluas-luasnya kepada investor untuk menanamkan usahanya," kata Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Kota Depok, Nunu Heriyana, di Depok, Selasa (24/1/2012) kemarin.

Ia berharap investor menanamkan investasinya di Margonda bukan hanya untuk membangun pusat perbelanjaan atau mal, tetapi juga pusat perkantoran, perdagangan, jasa ataupun apartemen. Dia mengatakan, terutama Jalan Margonda sebagai kawasan bisnis seperti di wilayah Sudirman, Jakarta Pusat.

"Kita harapkan investor bukan konsumtif, karena akan kita jadikan mirip Sudirman, kawasan bisnis," ujar Nunu.

Nunu menambahkan, saat ini saja akan ada tiga apartemen sedang dibangun di Depok, yakni Taman Melati, Margonda Residence, Park View Condominium, Apartemen Saladin Square, dan Hotel Margo City. Selain itu terdapat juga sebuah apartemen yang mengajukan proses perizinan di kawasan Cinere menyangkut masalah aset, fasos fasum perumahan Megapolitan.

Sementara itu, Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengatakan pembangunan di Depok akan menuju kota perdagangan dan jasa juga akan menjadi pusat perkantoran dengan berdirinya gedung-gedung bertingkat. Menurut dia, pembangunan apartemen yang kian marak di Kota Depok akan menjadi penggerak berdirinya kawasan perkantoran.

Selama ini pembangunan apartemen telah dilakukan oleh Margonda Residence dan akan dilanjutkan dengan pembangunan apartemen yang akan berdiri lebih dari 20 lantai. Apartemen Taman Melati Margonda yang dilengkapi dengan ruang perkantoran akan berdiri setinggi 24 lantai, akan selesai pembangunannya pada kuartal pertama 2013.

Direktur Utama Adhi Realty, Giri Sudaryono, mengatakan pemilihan lokasi Jalan Margonda karena letaknya yang strategis yaitu sangat dekat dengan pusat kota, stasiun kereta api, fasilitas pendidikan (Universitas Indonesia), rumah sakit, dan lainnya.

"Depok merupakan kota yang pesat pertumbuhannya, saya yakin investasi di sini sangat menguntungkan," ujar Giri.

Bangunan bertingkat

Menurut Giri, ke depan pembangunan properti di Depok akan bergairah seiring dengan akan beroperasinya seksi satu dari ruas tol Cinere-Jagorawi. Investor lainnya yang lebih dulu menanamkan investasi membangun apartemen adalah Cempaka Group dengan membangun Apartemen Margonda Residence III yang terletak di belakang Mal Depok di Jalan Margonda Raya dengan ketinggian 21 lantai.

Direktur Utama Cempaka Group, Teddy Budianto mengatakan bersama Propindo Sedayu pengembang ini membangun hunian dengan konsep mal apartemen, dengan memberikan nuansa baru bagi warga Depok. Ia optimistis dengan tingkat pertumbuhan Kota Depok yang sangat tinggi konsep baru yang diusung di Depok akan disambut baik dengan sasaran kelas menengah dan menengah atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com