Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Remehkan Area "Outdoor"!

Kompas.com - 11/01/2012, 17:08 WIB

KOMPAS.com - Mempercantik hunian tidak melulu di dalam ruangan atau indoor saja. Kini, luar ruangan atau outdoor juga tak luput dari tatanan menarik. Caranya beragam, mulai yang mempercantik dengan tanaman, menambah area duduk, membuat kolam, atau cukup dengan pot gantung.

Imelda Akmal, dalam bukunya "Seri Rumah Ide Menata Rumah" terbitan Gramedia Pustaka Utama, mengatakan, hal yang tidak boleh dilupakan saat menata ruangan outdoor adalah unsur pencahayaan, sumber air, dan keberadaan path atau jalan setapak. Jika ketiga elemen tersebut sudah tersedia, itulah saatnya Anda mempercantik area outdoor.

Satu dari beberapa tips yang ia kemukakan adalah menempatkan meja dan bangku panjang di teras rumah. Acara makan bersama keluarga sesekali bisa dilakukan di sini. Agar suasana makan berlangsung dalam keadaan nyaman dari awal sampai akhir, pastikan tersedia naungan yang cukup lebar di sini.

Selain murah, mempercantik area outdoor dengan tanaman hias dalam pot juga mudah dipraktikkan. Tak hanya menambah apik tampilan tanaman, pot juga memudahkan Anda saat harus memindahkan posisi tanaman. Sesekali diletakkan di teras, disejajarkan di bawah jendela, atau bahkan digantung.

Tips lainnya, bila Anda memiliki pohon besar dan rindang di halaman, manfaatkanlah dengan meletakkan satu set bangku panjang dan meja kayu di bawahnya. Dengan cara ini, Anda bisa mengajak keluarga berpiknik murah meriah di halaman rumah sendiri.

Selamat mencoba!

(Sumber: Seri Rumah Ide-Menata Rumah Imelda Akmal Architecture Writer/Gramedia Pustaka Utama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com