Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Berlakukah Moratorium Mal Jakarta?

Kompas.com - 11/01/2012, 16:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun lalu pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan moratorium atau penghentian sementara izin pembangunan mal di Jakarta. Namun, yang menjadi pertanyaan saat ini, apakah kebijakan moratorium tersebut akan berjalan sesuai dengan komitmen awal?

Associate Director Research Colliers International Indonesia (ADRCII) mengatakan bahwa moratorium mal tidak banyak berpengaruh karena izin sudah dikantongi pengembang sebelum peraturan dikeluarkan. Hingga akhir tahun 2012, puluhan mal tetap akan dibangun di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, beberapa mal yang sedang dibangun di Jakarta ini sudah memiliki izin mendirikan bangunan sebelum moratorium mal ditetapkan. Kendati demikian, ia tidak menjelaskan berapa jumlah mal yang berhak dibangun hingga akhir tahun ini.

"Kalau yang sudah dapat izin, tentu saya tidak bisa memberlakukan moratorium itu. Memang ada yang masih berjalan dan saya tidak tahu jumlahnya berapa," kata Fauzi di Balaikota, Jakarta, Rabu (11/1/2012).

Ia berjanji akan terus mengevaluasi izin pendirian mal yang luasnya lebih dari 5.000 meter persegi. Moratorium tersebut dikeluarkan karena banyak gerai kosong di pusat perbelanjaan di Jakarta. "Sesuai dengan komitmen saya mengeluarkan moratorium itu berarti tidak akan dikeluarkan izin lagi. Nanti akan dievaluasi lagi," jelas Gubernur.

Kepala Dinas Tata Ruang DKI Jakarta Wiriyatmoko membenarkan tentang pembangunan mal di Jakarta hingga akhir 2012. Namun, ia tidak memastikan jumlah mal yang akan dibangun pada tahun ini. Kabar bahwa pembangunan mal tersebut akan berlangsung hingga 2013 pun dibantah olehnya. "Jangan dilebih-lebihkan. Yang dibangun hingga tahun ini sudah mendapat izin lebih dulu sebelum moratorium mal diberlakukan tahun lalu," ujarnya.

Dalam catatatan ADRCII, pasokan kumulatif mal di Jakarta bakal tumbuh 5,6 persen atau seluas 335.456 meter persegi (m2). Pertumbuhan mal diramalkan bahkan lebih tinggi dibanding tahun lalu, di mana pasokan bertambah 4,5 persen menjadi 5,95 juta m2. Dengan kata lain, selama tahun 2012 hingga 2013 di Jakarta akan ada tambahan 21 pusat perbelanjaan baru. Total luas lantainya mencapai 827.376 m2, di mana 45 persen di antaranya berada di Jakarta.

Di antara pasokan mal-mal baru tersebut, separuhnya sudah melebihi 50 persen tahap konstruksi. Beberapa mal yang dalam tahap konstruksi dan direncanakan diluncurkan tahun ini, antara lain Kemang Village, Menteng Square, Kota Kassablanka, Pulomas X-'Venture, Ciputra World Jakarta, dan Pondok Indah Street Gallery. Kecuali Pulomas X-'Venture, sisanya masih berlokasi di Jakarta Selatan dan Pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com