Yuk Kreatif, Ceriakan Natal dengan "Papercraft"! - Kompas.com

Yuk Kreatif, Ceriakan Natal dengan "Papercraft"!

Kompas.com - 14/12/2011, 10:15 WIB
KOMPAS.com - Bingung menghadirkan dekorasi Natal yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya? Yuk, kreatif dengan kreasi yang satu ini!

Anda bisa mencoba menghadirkan suasana baru dengan dekorasi yang berbeda pada perayaan Natal kali ini dengan membuat papercraft khusus Natal. Apa itu papercraft?

 
Papercraft hampir mirip dengan origami, atau seni melipat kertas. Hanya, papercraft tak berhenti pada melipat kertas, tetapi membentuk model baik itu bangunan, benda, tokoh, atau figur dengan cara menggunting dan mengelem kertas.

Agar kokoh seperti asli, kertas yang digunakan sebaiknya pilih yang lebih tebal atau menggunakan kertas karton. Seni melipat dan menggunting kertas ini telah populer sejak masa perang dunia ke II, dimana saat itu kertas tidak ada batasan dalam produksinya.

Pada Natal kali ini, papercraft, selain sebagai hiasan penyemarak nuansa Natal, juga dapat meningkatkan kreatifitas dan keterampilan Anda. Jika tertarik, Anda bisa mencari di internet beberapa situs web yang menyediakan informasi seputar papercraft. Persiapkan pula alat-alat penunjang, seperti gunting, tracer untuk menekuk kertas agar mudah dilipat, cutter untuk memotong pola, lem dengan jenis merekat paling kuat, printer laser untuk mencetal pola papercraft, serta kertas khusus yang cukup tebal.

Pilihan pola tentunya yang bernuansa Natal, seperti pohon natal, mistle toe, snowflakes, Santa Klaus, roti jahe, manusia salju, lampion, dan masih banyak lagi.


Selamat berkreasi!

EditorInggried Dwi Wedhaswary
Close Ads X