Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mengatasi Retak Rambut di Dinding!

Kompas.com - 06/12/2011, 10:56 WIB

KOMPAS.com - Retak rambut pada dinding mungkin terlihat sepele. Namun, bila terus dibiarkan, kondisi ini akan merusak kekuatan dan keindahan dinding.

Biasanya, kelalaian saat proses pengerjaan dinding menjadi penyebab utamanya. Seperti plester tidak dibasahi sebelum pengerjaan acian, atau campuran semen plester yang buruk.

Penyebab lainnya adalah penggunaan cat dengan nilai kerapatan dan elastis kecil, sehingga tidak menempel sempurna ketika mengering. Untuk mengatasi retak rambut itu, berikut solusi yang bisa Anda terapkan:

Teliti

Teliti lebih dulu, retak rambut di dinding itu benar merupakan retak rambut atau bukan. Tanda retak rambut biasanya bercelah kurang dari 1 milimeter dengan kedalaman retak sampai acian semen.

Kerok

Kerok lapisan cat di bagian dinding yang retak halus dengan sekrap. Kemudian, amplas permukaan dinding sampai plamir benar-benar hilang.

Bersihkan

Bersihkan permukaan dinding dari debu menggunakan lap basah.

Menutup

Kuaskan wall sealer pada celah retak. Kapasitas 1 liter wall sealer bisa menutup permukaan dinding 10 -14 meter persegi.

Cat ulang

Biarkan wall sealer sampai benar-benar mengering, dengan perkiraan waktu 4 - 5 jam. Setelah itu, barulah kemudian dilakukan pengecatan ulang. (Sherly Susanty)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com