Begini Cara Mengatasi Retak Rambut di Dinding!

Kompas.com - 06/12/2011, 10:56 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Retak rambut pada dinding mungkin terlihat sepele. Namun, bila terus dibiarkan, kondisi ini akan merusak kekuatan dan keindahan dinding.

Biasanya, kelalaian saat proses pengerjaan dinding menjadi penyebab utamanya. Seperti plester tidak dibasahi sebelum pengerjaan acian, atau campuran semen plester yang buruk.

Penyebab lainnya adalah penggunaan cat dengan nilai kerapatan dan elastis kecil, sehingga tidak menempel sempurna ketika mengering. Untuk mengatasi retak rambut itu, berikut solusi yang bisa Anda terapkan:

Teliti

Teliti lebih dulu, retak rambut di dinding itu benar merupakan retak rambut atau bukan. Tanda retak rambut biasanya bercelah kurang dari 1 milimeter dengan kedalaman retak sampai acian semen.

Kerok

Kerok lapisan cat di bagian dinding yang retak halus dengan sekrap. Kemudian, amplas permukaan dinding sampai plamir benar-benar hilang.

Bersihkan

Bersihkan permukaan dinding dari debu menggunakan lap basah.

Menutup

Kuaskan wall sealer pada celah retak. Kapasitas 1 liter wall sealer bisa menutup permukaan dinding 10 -14 meter persegi.

Cat ulang

Biarkan wall sealer sampai benar-benar mengering, dengan perkiraan waktu 4 - 5 jam. Setelah itu, barulah kemudian dilakukan pengecatan ulang. (Sherly Susanty)



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X