Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengecat Pakai Rol atau Kuas?

Kompas.com - 23/11/2011, 11:32 WIB

KOMPAS.com - Dalam proses mengecat, Anda tidak bisa memilih salah satu apakah akan menggunaka rol atau kuas saja. Keduanya memiliki fungsi berbeda, namun saling melengkapi.

Memang, karena jika Anda hanya menggunakan kuas, pemakaian cat akan lebih boros dan lebih lama. Sedangkan bila hanya menggunakan rol, Anda akan kesulitan saat mengecat bagian sudut dinding.

Pemakaian rol dianjurkan untuk permukaan bidang datar. Sementara kuas, direkomendasikan untuk bidang sudut-sudut sempit yang tidak memungkinkan dijangkau dengan rol, seperti sudut antara dinding dan plafon.

Sebelum memakai rol, basahi permukaan rol terlebih dahulu dengan air, lalu peras untuk menghilangkan kotoran. Setelah itu, masukkan rol ke dalam bak cat dan peras kelebihan cat di permukaan rol dengan memutar rol di sisi baki.

Saat mengecat, mulailah pada bidang yang dekat dengan sudut pertemuan dua bidang dinding. Pola pengecatan yang benar adalah memulainya dengan pola horisontal, lalu dilanjutkan dengan mengecat bidang kosong yang belum dicat. Jangan mencampur pola vertikal dan horisontal.

Sebelum memakai kuas, bersihkan terlebih dahulu bulu dari kotoran. Pastikan kuas dalam kondisi kering. Jangan memasukkan semua permukaan kuas ke dalam wadah cat. Hal ini agar pemakaian cat tidak boros dan terbuang percuma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com