Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sembarang Pakai Tenaga Pasang Rangka Baja

Kompas.com - 02/11/2011, 16:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak cukup hanya mendirikan outlet, produsen yang baik semestinya juga harus menyediakan sumber daya manusia handal sebagai bentuk tanggung jawab melayani konsumen. Konsumen akan kecewa jika barang-barang berkualitas dari sebuah outlet tiba-tiba bermasalah atau rusak hanya karena salah pemasangan justeru oleh tenaga yang disediakan produsen.

Demikian dikatakan Moch Marlan, Product Consultant PT BlueScope Lysaght Indonesia kepada KOMPAS.com, Rabu (2/11/2011), di Jakarta, tentang tenaga pasang terlatih untuk produk-produk baja yang dipasarkan Lysaght Point. Ia mengatakan, berbicara produk Lysaght Smartruss misalnya, berarti berbicara struktur kuda-kuda baja ringan berkualitas yang perlu kehati-hatian dalam pemasangannya.

"Kualitas di sini mulai dari materialnya, design engineering-nya, sampai pemasangannya. Sehingga, setelah adanya penunjukan untuk membuka gerai di suatu daerah, secara otomatis berbagai atributnya pun kami aktifkan, salah satunya adalah tenaga pasang terlatih," ujar Marlan.

Terakhir, lanjut dia, pelatihan tersebut digelar selama tiga hari pada 24 - 26 Oktober 2011 lalu. Pelatihan pemasangan Smartruss ini dilakukan di daerah Antapani Regency Bandung yang baru saja ditunjuk sebagai authorized outlet. Tercatat sebanyak 12 orang tenaga pasang mengikuti pelatihan ini di bawah penduan Marlan.

"Pelatihan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu teori, praktik, dan ujian," ujar Marlan.

"Adapun materi yang disampaikan mulai teori pengenalan bahan baja ringan termasuk bahan pelapis anti karatnya, cara menangani material, cara menggunting, menyekrup sampai merangkai satu atap utuh," tambahnya.

Di sesi terakhir, para peserta mengikuti ujian tertulis untuk memastikan para peserta memiliki pemahaman yang benar mengenai produk. Apalagi, lanjut Marlan, Lysaght Point! Antapani rencananya akan diresmikan pada pertengahan November ini, sehingga semua sumber daya harus siap menyambut kebutuhan konsumen.

"Diharapkan outlet ini siap melayani kebutuhan rangka atap baja ringan untuk rumah-rumah di Bandung dan memberikan kualitasnya yang terbaik," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com