Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah Gunakan Perkakas Berkebun

Kompas.com - 25/10/2011, 16:23 WIB

KOMPAS.com - Kini semakin banyak alat tersedia untuk memudahkan kegiatan berkebun. Masing-masing peralatan dapat dimanfaatkan untuk membuat dan merawat kebun atau sekedar taman mungil di rumah Anda.

Peralatan berkebun terhitung cukup banyak jika mengikuti aturan ideal. Namun, tak jarang peralatan digunakan justeru bukan untuk pekerjaan berkebun yang semestinya. Berikut beberapa tips bisa Anda manfaatkan saat menggunakan alat-alat berkebun di rumah Anda:

- Pilih garpu atau spading sebagai alat pertama untuk membuka dan memperbaiki tanah

- Selanjutnya, gunakan cangkul untuk menyiangi dan mengolah permukaan tanah di kebun atau taman Anda

- Untuk menyiram bibit-bibit tanaman atau bunga baru, Anda cukup menggunakan watering can. Jika lahan luas, terpaksa Anda harus memiliki cadangan slang air yang disesuaikan dengan panjang atau lebarnya lahan kebun Anda. 

- Untuk merapikan tanaman atau pepohonan, gunakanlah gunting tanaman dengan cermat

- Terakhir, setelah alat-alat berkebun selesai digunakan, jangan lupa untuk dibersihkan. Tanah yang menggumpal pada alat berkebun, seperti pada cangkul atau gunting, akan membuatnya berkarat dan tidak lagi tajam. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com