Mulai Sekarang, Kurangi Kerepotan dengan "Dishwasher"!

Kompas.com - 04/08/2011, 15:52 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Memasak di bulan puasa tentu merupakan kegiatan yang menyenangkan. Apalagi, bila hasilnya dapat dinikmati bersama-sama. Misalnya, untuk menjamu teman-teman kantor yang datang ke rumah atau disantap bersama keluarga saat berbuka.

Namun, setelah acara makan-makan itu usai, kita biasanya langsung geleng-geleng kepala karena piring, gelas, sendok, dan peralatan masak dan makan sudah menumpuk. Tak elok juga bila kita ajak teman yang kita jamu untuk membantu mencucinya. Oleh sebab itu, menyediakan mesin pencuci piring (dishwasher) boleh dipertimbangkan. Selain mengurangi kerepotan, dishwasher juga memaksimalkan penggunaan air.

Namun, tak mudah memilih mesin pencuci piring karena pemakaiannya yang masih minim di Indonesia. Untuk itu, hal-hal berikut ini mungkin bisa membantu Anda.

Pertama, cari informasi tentang jenis pencuci piring yang ada. Contohnya, portable dishwasher yang dapat dipindah sesuai kebutuhan, countertop dishwasher dengan ukuran yang kecil, drawer dishwasher yang menawarkan inovasi dua laci pencuci terbaru, atau built in dishwasher yang terpasang permanen di dapur.

Kedua, sesuaikan jenis mesin pencuci piring dengan kebutuhan dan anggaran. Semisal, pilih countertop dishwasher yang seukuran dengan microwave untuk dapur yang tak terlalu luas. Bisa juga portable dishwasher agar dapat memindahkan mesin itu saat tak diperlukan.

Namun, kedua jenis itu lebih mahal dibanding jenis built in dishwasher. Ketiga, perhatikan material mesin pencuci piring itu. Dishwasher dengan bahan besi stainless sesuai jika kadar alkali air di rumah Anda cukup tinggi. Sementara itu, bahan dari plastik lebih mudah untuk dibersihkan, tetapi tak akan awet bila kualitas air yang digunakan tidak bagus.

Keempat, pastikan membeli mesin pencuci piring yang tidak terlalu berisik. Perhatikan keterangan yang terdapat pada spesifikasi mesin dan disarankan untuk memilih mesin yang kurang dari 44 desibel. Jadi, acara bersenang-senang di rumah tetap berakhir dengan hati gembira. (TYS)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.