Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Cuka dan Baking Soda, Noda Bandel Rontok!

Kompas.com - 19/07/2011, 11:27 WIB

KOMPAS.com - Cuka dan baking soda, bisa jadi penyelamat ketika tiba saatnya Anda membersihkan kamar mandi. Pakai bahan makanan ini, kotoran bandel pun dijamin rontok.

Membersihkan kamar mandi bukan perkara mudah. Apalagi, kalau acara bersih-bersih ini sudah berhadapan dengan noda membandel. Bisa jadi, Anda harus menghabiskan waktu berjam-jam membersihkannya.

Memang, untuk membersihkan kotoran ini kita dapat saja menggunakan zat pembersih kamar mandi. Beberapa zat pembersih itu mungkin handal untuk merontokkan kotoran. Namun, selain itu, zat pembersih ini juga berefek negatif, antara lain bersifat korosif, dapat melukai tubuh, dan gas yang ditimbulkannya juga berbahaya bagi pernafasan.

Beruntungnya, pembersih dari bahan makanan ternyata juga dapat dipergunakan demi hasil setara dan efek negatif lebih minim. Untuk itu, cukup siapkan cuka dan baking soda, karena dalam urusan membersihkan kamar mandi pun keduanya sangat bermanfaat. Berbagai piranti di kamar mandi, dapat dibersihkan oleh keduanya.

Kloset

Hal pertama perlu dilakukan adalah membuat campuran cuka dan air. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol spray. Semprotkan ke seluruh permukaan kloset.

Diamkan beberapa saat, kemudian lap dengan kain atau spons lembut. Sebagai sentuhan akhir, siram bagian dalam kloset dengan cairan anti bakteri. Anda juga bisa mengganti cairan anti bakteri ini dengan cairan pemutih pakaian, yang sudah dilarutkan dengan air.

Showerhead

Campurkan cuka dan air dan masukkan larutannya ke dalam kantong plastik. Kemudian, masukkan showerhead ke dalam kantong plastik tadi, lalu ikat ujungnya dengan karet gelang.

Diamkan selama kurang lebih satu jam. Kemudian buang air campuran cuka. Biarkan air mengalir dari shower selama beberapa detik untuk membilas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com