Meja Rendah Untuk Aneka Gaya Rumah

Kompas.com - 13/06/2011, 14:36 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Mengadopsi gaya orang Jepang atau Korea yang banyak menerapkan gaya lesehan pada penataan interiornya, menghadirkan meja dengan desain rendah ini juga dapat menjadi solusi mengatasi sempitnya ruang. Apa istimewanya desain meja yang rendah?

Meja yang pendek (rendah) di ruang keluarga misalnya, memberi keleluasaan pandangan satu sama lain bagi penghuni yang sedang berbincang. Menyesuaikan ukuran meja yang rendah ini, biasanya dudukan yang digunakan juga didesain rendah atau bahkan menerapkan gaya lesehan. Ini akan memberi kesan lebih akrab dan hangat.

Keragaman desain juga menjadi daya tariknya. Saat ini, desain meja rendah/pendek begitu beragam. Tak hanya pilihan material atau bahan penyusunnya, namun bentuk dan modelnya pun sangat bervariasi.

Aneka gaya rumah, dari mulai etnik sampai modern dapat mengaplikasikan desain meja rendah ini. Untuk gaya modern, meja rendah ini biasanya tampil dalam desain yang praktis dan simpel. Keindahannya terkemas dalam balutan material dengan proses minimal namun berkualitas ideal.

Sesuai dengan bentuknya, ukurannya yang rendah/pendek, kecantikannya ada pada kedalaman hal yang menyangkut kesederhanaan yang disengaja, tak tampil dominan di permukaan dan tak menceraiberaikan perhatian. Kekuatannya tampak pada kekuatan konsep desain yang fungsional dan estetis mempercantik objek secara keseluruhan.

Dipadu elemen lain

Pilihan materi bahan yang digunakan sangat tergantung pada pilihan gaya bentuk ruang karena pemilihan meja lebih kepada fungsi, bukan pajangan. Maka, untuk memilih materialnya pun, yang terpenting adalah mengutamakan fungsi meja dan model yang mendukung nilai estetis ruang.

Material biasanya menyesuaikan dengan materi yang telah digunakan pada interior rumah. Meja rendah dari kayu di ruang berlantai keramik, marmer, atau granit, dapat dilengkapi dengan karpet berbulu pendek, atau karpet busa tipis berlapis kain katun yang lembut.

Untuk meja bermateri kayu dapat memanfaatkan keragaman bahan pelapis yang saat ini banyak beredar di pasaran. Keunikan motif pelapis akan mengubah tampilan meja sekaligus kesan ruang secara keseluruhan.

Selain bahan kayu, pada interior modern sering diaplikasikan meja rendah berbahan logam, kaca, granit, dan marmer. Tampil dalam desain persegi, bulat, atau oval yang sederhana, tanpa profil, tak mengurangi kesan uniknya karena karakter yang khas dari material-material kaca, logam, marmer, atau granit yang sudah demikian khas dan kuat.

Bisa dipesan

Kini, Anda punya cara lain untuk membuat ruang mungil Anda terkesan luas. Selain desain, ukuran atau dimensi adalah hal penting dalam memilih meja yang sesuai.

Membeli meja yang diproduksi secara massal di pasaran boleh-boleh saja. Namun, belum tentu ukuran dan desainnya sesuai dengan kondisi rumah Anda. Memesannya secara khusus adalah pilihan yang paling aman. Selain ukuran meja yang bisa disesuaikan dengan luasan ruang, desain dan gayanya pun bisa disesuaikan dengan selera Anda. (Johanna Erly Widyartanti)



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X