Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Balaraja-Pandeglang Mulai Dibangun Tahun 2012

Kompas.com - 10/05/2011, 12:56 WIB

PANDEGLANG, KOMPAS.com - Pembangunan jalan bebas hambatan (tol) dari Balaraja, Tangerang sampai ke Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, dimulai pada tahun 2012.

"Informasinya, pembangunan jalan tol itu sudah mulai ada kegiatan fisik pada 2012, mudah-mudahan saja bisa direalisasikan," kata Bupati Pandeglang Erwan Kutubi, saat pembukaan musyawarah rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJM) Pandeglang, Selasa.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, mendukung pembangunan jalan tol dari Balaraja Tangerang hingga ke wilayah wisata Tanjung Lesung, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang. "Kita mendukung pembangunan jalan tol itu, karena akan mendorong kemajuan Pandeglang, terutama di wilayah selatan," ujarnya.

Menurut dia, keberadaan jalan tol tersebut akan membawa dampak positif bagi perkembangan Pandeglang, terutama dalam mengembangkan kawasan wisata khususnya Tanjung Lesung.

Kawasan wisata Tanjung Lesung, kata dia, merupakan salah satu objek wisata andalan dan selama ini cukup banyak dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Pembangunan jalan tol tersebut, lanjut dia, seiring dengan program Pemkab Pandeglang yang menjadikan sektor pariwisata sebagai sektor andalan di samping pertanian.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pandeglang Aah wahid Maulany menjelaskan, pembangunan jalan tol itu sangat sejalan dengan program Kabupaten Pandeglang yang menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan, jadi tidak alasan untuk tidak mendukung.

"’Master plan’-nya sudah ada, tapi kalau pelaksanaan pembangunannya kemungkinan setelah Bandara Banten Selatan, atau bersamaan dengan Bandara," tuturnya. Mengenai ’rute’ jalan tol itu, menurut dia, dari Kecamatan Balaraja Tangerang- Kecamatan Petir (Serang)-Cibadak (Lebak)-warung Gunung (Lebak)-Bojong (Pandeglang)-Patia (Pandeglang)-Panimbang (Pandeglang). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com