Medialand Bangun Lima Menara Baru Kampus UMN di Serpong

Kompas.com - 29/04/2011, 12:35 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

SERPONG, KOMPAS.com - Pengembang Medialand, anak perusahaan Kompas Gramedia mulai membangun satu dari lima menara baru kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN) di kawasan Serpong, Tangerang, Banten.

Pemancangan tiang pertama dilakukan hari Jumat (29/4/11), dihadiri antara lain Ketua Yayasan UMN Teddy Surianto, Rektor UMN DR Ninok Leksono, Wakil Rektor UMN Prof DR Muliawati G. Siswanto, M.Eng. SC, dan Komisaris UMN Irwan Oetama.

Pimpinan Proyek Pembangunan Kampus Baru UMN Thomas Sigit mengatakan, pembangunan kampus baru yang dimulai Jumat ini terdiri dari lima menara, dan masing-masing menara terdiri dari 15 lantai. Kampus baru akan dilengkapi dengan Convention Center berkapasitas 5.000 orang. Ruangan kuliah dalam satu menara akan menggunakan sembilan lantai yang setara dengan 120 kelas, yang sanggup menampung 6.000 mahasiswa sekaligus.

Sigit menambahkan, pembangunan ini menggunakan sistem jacking pile sehingga tidak menimbulkan suara gaduh pada saat jam belajar mahasiswa. Menara kampus baru UMN dibangun ramah lingkungan, dan efisien dalam penggunaan energi. AC hanya dipasang di dalam kelas dan di lobi. Sebagian besar gedung baru memanfaatkan ventilasi alami. Selain itu, gedung ini sebagian besar ditutupi tanaman, bahkan tanaman besar menembus atap.

Rektor UMN DR Ninok Leksono menyampaikan rasa bahagianya dipercaya sebagai pimpinan UMN. "Universitas Multimedia terus bergerak maju. UMN juga dilirik oleh daerah. Wakil Bupati Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara misalnya, menyatakan akan mengirim mahasiswa ke UMN. Sudah waktunya industri kreatif dengan ICT dikembangkan di negeri ini," kata Ninok Leksono, yang juga Redaktur Senior Harian KOMPAS.

Saat ini jumlah mahasiswa UMN tercatat 3.000 orang, dan dalam waktu dekat bertambah lagi 1.400 mahasiswa. Karena itu pembangunan gedung baru dibutuhkan.

Ketua Yayasan UMN Teddy Surianto mengatakan, pembangunan lima menara kampus baru UMN dilakukan secara terpadu dan tidak tambal sulam. "Nantinya ada lima menara baru. Pembangunan satu menara baru membutuhkan waktu 1 tahun 6 bulan. Kami harapkan pada bulan Juni 2012, satu menara baru sudah bisa digunakan. Pembangunan lima menara secara keseluruhan diperkirakan selesai pada tahun 2018, dan pada saat itu UMN sudah bisa menampung 20.000 mahasiswa," kata Teddy, yang menambahkan dalam waktu dekat UMN membangun asrama mahasiswa di kawasan itu. (Robert Adhi Kusumaputra)



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X