Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruang Keluarga: Paduan Warna Secerah Pelangi

Kompas.com - 06/01/2011, 16:23 WIB

KOMPAS.com - "Merah, kuning, hijau, di langit yang biru." Demikian petikan lagu anak-anak berjudul Pelangi, yang populer hingga kini. Siapa sangka, petikan lagu ini bisa jadi inspirasi padu padan warna di ruang keluarga. Seperti apa jadinya? Lihat, yuk !

Sebagian warna pelangi bisa Anda dapatkan di ruangan ini. Merah ada di karpet, kuning di single sofa , biru di cushion , hingga nila di satu bidang dinding. Sekian banyak warna cerah berpadu jadi satu, lantas jadi terlampau ramai? Terbukti tidak. Gunakan cara pintar memadu warna. Di ruang keluarga ini ada dua cara yang tampaknya diaplikasikan oleh pemiliknya.

Cara pertama adalah menjadikan lukisan sebagai sumber inspirasi padu padan warna. Lihat sebuah artwork dinding, dengan empat buah gambar berbeda warna, di dinding nila? Dialah sumber inspirasinya. Mengambil warna-warna yang ada di artwork untuk diaplikasikan ke ruangan, dijamin tidak akan menjadi terkesan ramai atau berantakan. Karena si artwork tadi akan menjadi "pengikat" yang menyatukan setiap warna tadi.

Cara kedua adalah dengan menghindari mengaplikasikan beragam warna cerah pada bidang-bidang berukuran besar. Di ruangan ini, bisa dikatakan hanya dinding, itupun hanya satu bidang, yang cukup besar, yang diwarnai dengan warna cerah.

Selebihnya, warna-warni pelangi bisa temui di bidang-bidang kecil, sofa, karpet, cushion, dan sebagainya. Bidang-bidang besar di ruangan ini tetap didominasi dengan warna netral, krem dan putih. Dengan demikian, amanlah penggunaan lebih dari dua warna di ruangan ini.

Mengaplikasikan banyak warna di sebuah ruangan memang perlu trik, pun kesannya sulit dan merepotkan. Tapi asal tahu caranya, tidak ada yang sulit, kok . Mau coba? (Annisa Q. Aini/iDEA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com