Siap-siap, Harga Rumah Bakal Naik Pasca-Kenaikan TDL

Kompas.com - 16/07/2010, 17:25 WIB
EditorR Adhi KSP

JAKARTA, KOMPAS.com Rencana kenaikan tarif dasar listrik atau TDL yang didengungkan oleh pemerintah bakal berimbas pula pada sektor perumahan.

Direktur Utama Bank BTN Iqbal Latanro menuturkan, harga rumah boleh jadi akan ikut terpengaruh. "Kalau ada perubahan, itu bisa menimbulkan keresahan. Namun, nanti akan ada keseimbangan baru. Pengaruh terhadap harga rumah bisa ada," ujarnya di Jakarta, Kamis (15/7/2010) malam.

Direktur Keuangan Bank BTN Saut Pardede menambahkan, kenaikan TDL sejatinya akan lebih banyak berdampak pada tingkat inflasi. "Nasabah akan lebih banyak terpengaruh di sisi inflasinya. Mudah-mudahan saja imbas ke inflasi tidak sampai 1 persen. Kita tunggu saja besarannya berapa," katanya.

Saut memperkirakan, jika efek kenaikan TDL ke inflasi hanya di kisaran 1 persen, maka menurutnya belum ada yang perlu diubah, termasuk tawaran harga rumah. "Kalau sumbangan ke inflasi 1 persen, itu masih managable," ujarnya.

Iqbal mengimbuhkan, Bank BTN juga masih menunggu apakah permintaan rumah bakal terpengaruh adanya kenaikan TDL. "Sebagai bank, kami akan tunggu saja," ungkapnya. (Ruisa Khoiriyah/KONTAN)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X