Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hypermart, Food Mart, Times, Matahari Dongkrak Laba MPP

Kompas.com - 10/05/2010, 22:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Pemulihan ekonomi setelah diterpa krisis keuangan pada 2009 mulai terasa. Terbukti, pulihnya daya beli masyarakat telah mendongkrak penjualan sektor ritel di Indonesia.

Tengok saja pencapaian PT Matahari Putra Prima Tbk di kuartal I tahun 2010 lalu. Perusahaan yang merupakan induk sejumlah bisnis ritel seperti Hypermart, Food Mart, Times Book Store, dan Matahari Department Store (hingga 31 Maret 2010) ini berhasil membukukan pertumbuhan penjualan bruto sebesar 13,3 persen menjadi Rp 3,3 Triliun. Laba sebelum bunga dan pajak (EBIT) dan laba sebelum pajak (EBT) juga naik masing-masing 40 persen dan 96 persen (y.o.y).

Danny Kojongian, Direktur PT Matahari Putra Prima Tbk mengatakan kontribusi terbesar bisnisnya kali ini berasal dari food business. "Sumbangan hipermarket dan supermarket kami mencapai Rp 1,7 triliun dari total penjualan yang kami kumpulkan sepanjang kuartal pertama kemarin," kata Danny kepada Kontan.

Sementara itu, Matahari Department Store memberikan kontribusi penjualan sebesar Rp 1,5 triliun. Sisanya dari lini bisnis lain-lain, seperti Times Book Store dan Boston Drug Store, imbuh Danny.

Menurut Danny pencapaian yang diraih lini bisnis makanannya, yakni Hypermart dan FoodMart merupakan tren baru. Ia mengungkapkan, biasanya lebih dari separuh penjualan perusahaannya disumbang oleh Matahari Department Store.

Karena itu, meski mulai April pihaknya telah melepas Matahari Department Store, namun perusahaan tetap optimis menjalani bisnis ritel. "Berdasarkan riset kami, pertumbuhan di bisnis makanan khususnya di segmen hipermarket, bisa mencapai 20%," cetus Danny.

Hingga kini, di seluruh Indonesia tercatat telah ada 49 gerai hipermarket. satu diantaranya baru saja buka April lalu. Sedangkan Food Mart ada 25 gerai, Times Book Store 16 gerai, dan Boston Drug Store 53 gerai. "Kami akan buka 10 Hypermart dan 2 Food Mart lagi tahun ini," tandas Danny. (Nadia Citra Surya/KONTAN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com