Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Anugerah Ki Purbo Asmoro

Kompas.com - 12/04/2010, 09:05 WIB

oleh Frans Sartono

Kehadiran patung Anoman, tokoh dalam epos Ramayana itu, cukup menohok mata karena ukurannya yang besar. Anoman berdiri di ujung jalan masuk menuju kompleks perumahan seniman itu.

”Orang-orang di kampung mau bikin gapura. Saya usul yang nyeni yang menunjukkan identitas seniman,” kata Purbo.

Anoman mempunyai nama lain yaitu Mayangkara. Dan Mayangkara adalah nama kelompok karawitan pimpinan Purbo. ”Mayangkara itu singkatan dari Mangesti Wayang Kagunan Rahayu,” kata Purbo

”Rumah itu jati diri penghuninya. Kalau yang ngeyup (berteduh) berjiwa seni, maka yang nyeni itu akan terlihat di rumah,” kata Purbo.

Jati diri sebagai dalang terlihat dari motif gunungan pada jendela kaca. Juga kendang yang berada di ruang tamu. Sementara nyeni dalam ukuran Purbo itu antara lain ditunjukkan dengan adanya ukiran.

Misalnya, pada setiap pintu rumah, termasuk pintu masuk utama hingga pintu kamar, Purbo memasang lengkung dari kayu jati berukir. Motif ukiran ia rancang sendiri, sedang pengerjaannya diserahkan kepada seniman ukir dari Sukoharjo. Bahan lengkung berupa kayu jati ia datangkan dari Blora.

Hidupnya memang berada di lingkungan kesenian sejak dalam kandungan. Maklum Purbo adalah anak yang turun dari dalang wayang kulit asal Pacitan, Jawa Timur. Ayahnya Sumarno, kakeknya Suradi, dan kakek buyutnya Kromo semuanya adalah dalang. Purbo menjadi generasi dalang era sekolahan. Lulus Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI), di Solo, tahun 1982, Purbo melanjutkan ke Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) yang kini melebur dalam Institut Seni Indonesia (ISI), Solo, jurusan pedalangan dan lulus tahun 1986. Ia merampungkan studi S-2 Kajian Seni Pertunjukan Universitas Gadjah Mada 2003.

Keluarga seniman itu makin lengkap karena istri Purbo, Sudi Rahayu, juga pesinden. Sudi adalah teman sekolah Purbo di SMKI yang kemudian melanjutkan ke jurusan tari ASKI. Kedua anak Purbo juga juga bergelut di dunia karawitan.

Nanti kalau ketemu Anoman, masuk saja Mas,” kata seorang bapak saat diminta tolong menunjukkan lokasi rumah Ki Purbo Asmoro di perumahan seniman, Kampung Gebang, Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Solo. Di kompleks itu tinggal antara lain seniman dari kelompok Wayang Orang Sriwedari, Solo.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com