Bandara Changi Singapura, Terbaik di Dunia Tahun 2010

Kompas.com - 24/03/2010, 22:05 WIB
Editorksp

SINGAPURA, KOMPAS.com - Bandara Internasional Changi, Singapura yang pada tahun 2009 berada di urutan ketiga bandara terbaik di dunia, kini bangkit kembali menjadi Bandara Terbaik di Dunia tahun 2010 dalam survei Skytrax World Airport.

Dalam survei tahunan para pelancong dunia tahun lalu, Bandara Changi Singapura menempati posisi ketiga, di belakang Bandara Incheon di Seoul dan Bandara Hongkong. Namun tahun ini, Changi mengalahkan Incheon dan Hongkong, dan berada di urutan pertama bandara terbaik di dunia. Changi juga memenangkan penghargaan Skytrax untuk Best Leisure Amenities.
 
Ini merupakan penghargaan ketiga yang diterima Changi sebagai Bandara Terbaik pada tahun ini. Bulan lalu, Changi juga menerima penghargaan sebagai Top Worldwide Airport dari Wanderlust dan sebagai Bandara Terbaik di Asia Pasifik dari DentinAsian.  Changi sudah delapan kali menerima penghargaan dari Wanderlust dan lima kali dari DestinAsian

Sejak dibuka tahun 1981, Bandara Changi telah menerima lebih dari 340 penghargaan sebagai bandara terbaik.  

CEO Changi Airport Group, Lee Seow Hiang menyampaikan apreasi kepada para stakeholder Bandara Changi atas dukungan mereka. "Keberhasilan Bandara Changi tak akan mungkin diperoleh tanpa afirmasi, dorongan, dan umpan balik yang kami terima dari semua stakeholder, termasuk jutaan penumpang dan pengunjung yang kami layani setiap tahun," kata Lee.
 
"Hal ini memotivasi kami untuk terus meningkatkan diri dan melanjutkan inovasi. Kami merasa terhormat menerima penghargaan-penghargaan ini dan berterima kasih kepada setiap orang yang memilih Changi dengan keyakinan mereka," kata Lee.
 
Lee menambahkan, "Dalam suasana kompetitif, penghargaan-penghargaan ini juga merupakan bukti dari kerja keras dan usaha tanpa lelah dari semua staf bandara dan mitra dalam komunitas Changi untuk mengantarkan Changi Experience. Saya ingin berterima kasih kepada mereka atas kontribusi yang mereka berikan."  
 
Edward Plaisted, Chairman Skaytrax mengatakan, "Ini merupakan survei Skytrax terbesar yang pernah dilakukan, yang melibatkan 9,8 juta pelancong dari lebih dari 100 kebangsaan. Survei ini tidak tertandingi yang mencakup jangkauan global."
 
"Dengan bangga, kami umumkan bahwa Bandara Terbaik di Dunia pada tahun 2010 adalah Bandara Changi Singapura. Changi selalu menjadi salah satu bandara dengan performa terbaik di dunia selama 10 tahun Survei Bandara di Dunia. Dan saya menyampaikan selamat kepada mereka atas prestasi yang dicapai pada tahun ini, berada di posisi pertama. Sungguh ini survei dengan suasana kompetitif yang ketat," katanya.

Bandara Changi Singapura menangani pergerakan  37,2 juta penumpang pada tahun 2009, dengan jumlah penumpang tertinggi tercatat 3,83 juta pada Desember 2009. Pada 1 Maret 2010, Bandara Changi melayani 84 maskapai penerbangan yang terbang ke 200-an kota di 60 negara dan teritori.

10 Besar World Airport Awards tahun 2010:
1. Singapore Changi International Airport, Singapura
2. Incheon International Airport, Seoul, Korea Selatan
3. Hongkong International Airport, Hongkong
4. Munich Franz Josef Strauss Airport, Jerman
5. Kuala Lumpur International Airport, Sepang, Malaysia
6. Zurich Airport, Swiss
7. Amsterdam Airport Schiphol, Belanda
8. Beijing Capital International Airport, China
9. Auckland Airport, Selandia Baru
10.Suvarnabhumi Bangkok Airport, Thailand

(Channel News Asia dan berbagai sumber/KSP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.