Yang Perlu Diketahui dari Tahun Baru Imlek

Kompas.com - 09/02/2010, 20:26 WIB
Editorksp

oleh Suhana Lim

Di tanggal yang sama dengan Valentine’s Day tahun 2010 ini, 14 Februari adalah hari pertama Tahun Baru China, Tahun Macan Logam. Mengapa tahun ini Tahun Macan? Apa artinya Macan Logam? Apa arti 1001 ritual yang dilakukan masyarakat Tionghoa menjelang tahun baru? Semua pertanyaan tentang Chinese New Year dan maknanya dibahas tuntas oleh fengshui master, Suhana Lim. 

Siklus Waktu Kalendar Tionghoa
Kalendar Lunar / Imlek dibuat berdasarkan siklus dari bulan, formatnya berbeda dari kalendar Gregorian yang berpatokan siklus matahari, sedangkan konsep waktu Barat diwakili dengan bintang-bintang,

Dalam kalendar Tionghoa, awal tahun dimulai antara akhir Januari dan awal Februari, itulah mengapa perayaan tahun baru Imlek selalu berbeda setiap tahun. Metode yang populer dimana kita dapat melihat metode siklus ini adalah perekaman tahun ke dalam Dua Belas Tanda Hewan, atau shi er sheng xiao atau cap ji shio.Setiap tahun ditandai dengan kombinasi nama binatang atau shio yang dikenal dengan istilah 12 di zhi (12 cabang bumi) dan 10 thian gan (10 batang langit).

Kedua belas cabang bumi ialah Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing dan Babi. Kesepuluh batang langit ialah Yang Kayu, Yin Kayu, Yang Api, Yin Api, Yang Tanah, Yin Tanah, Yang Logam, Yin Logam, Yang Air dan Yin Air. Oleh karena itu, setiap dua belas tahun binatang atau shio yang sama akan muncul.

Tahun 2010 ini, tahun baru imlek atau yang lebih umum dikenal dengan sebutan Sin Cia jatuh pada 14 Februari (bertepatan dengan Valentine Day). Kali ini adalah tahun Macan berunsur logam, (populer disebut juga sebagai Tahun Macan Emas).

Shio juga menandakan fungsi sosial yang berguna untuk mencari tahu umur seseorang. Daripada menanyakan berapa umur seseorang, seringkali orang hanya bertanya apa shio dari orang tersebut. Ini akan menaruh orang tersebut dalam siklus 12 tahun, dan dengan sedikit akal sehat, kita bisa menghitung umur orang tersebut.

Legenda Shio
Terdapat beberapa versi dari asal usul dua belas shio. Salah satu yang populer adalah sebagai berikut:

Asal mulanya Yu Huang / Yu Di (Jade Emperor) atau biasa disebut Tian Gong, beliau ingin memilih 12 hewan untuk menentukan lamanya waktu dalam sehari, oleh karena ada banyak hewan didunia ini maka beliau mengadakan lomba, mengundang seluruh hewan untuk datang menghadap.

Ke-12 hewan yang pertama menghadap akan terpilih sebagai pemenang dan dipakai sebagai penunjuk waktu dan urutannya dibuat berdasarkan siapa yang sampai dahulu dihadapan kaisar dan seterusnya. Sebenarnya yang tiba paling awal adalah kerbau, tapi tikus waktu itu naik diatas kepala kerbau dan menjelang garis akhir tikus serta merta melompat mendahului kerbau.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X