Ananda Siregar: Blitz Megaplex Makin Ekspansif

Kompas.com - 17/12/2009, 17:21 WIB
Editorksp

SERPONG, KOMPAS.com  - Blitz Megaplex, jaringan sinema Indonesia makin ekspansif. Setelah beroperasi kali pertama di Paris Van Java, Bandung, Blitz Megaplex buka di Grand Indonesia, Pacific Place, Mall of Indonesia Kelapa Gading, dan Teras Kota BSD City.

"Tahun-tahun mendatang, Blitz Megaplex akan buka di Bekasi Cyber Park di Kota Bekasi dan Central Park di Jakarta Barat, serta di kota-kota Surabaya, Yogyakarta, dan Makassar," kata pemilik Blitz Megaplex, Ananda Siregar (34) kepada Kompas.com di sela-sela acara grand opening Blitz Megaplex Teras Kota BSD City, Serpong, Tangerang, Kamis (17/12) petang.

Dalam grand opening Blitz Megaplex Teras Kota BSD, diputar film "Sang Pemimpi" garapan Riri Riza, yang merupakan sekuel dari novel Andrei Hirata sebelumnya "Laskar Pelangi". Film ini diputar di 11 layar Blitz Megaplex di lima bioskop Blitz Megaplex secara serentak.

Ananda Siregar kelahiran Jakarta, 12 Februari 1975, yang pernah mendalami studi di Chicago, Amerika Serikat selama 8 tahun, pernah menjadi PNS saat bekerja di BPPN sampai tahun 2002. Setelah itu, putra bungsu dari keluarga Arifin Siregar ini memutuskan untuk menjadi pengusaha sinema.

Berikut ini petikan wawancara khusus Robert Adhi Ksp dari Kompas.com dengan Ananda Siregar, pemilik Blitz Megaplex.

Setelah sukses di Bandung dan Jakarta, Blitz Megaplex makin ekspansif. Mengapa Anda berani membuka Blitz di BSD?
Blitz berani buka di sini karena BSD kota mandiri di luar Jakarta yang pertumbuhan propertinya paling cepat. Setelah dibuka soft opening pertengahan Juli 2009 yang lalu, penonton Blitz Teras Kota BSD mencapai 300.000 orang. Responnya sangat bagus. Penonton yang datang tidak hanya dari BSD dan Serpong, tetapi juga dari Bintaro, Pamulang, Ciputat, Karawaci Tangerang dan Lebak Bulus Jakarta. Penonton sinema di Blitz sebagian besar keluarga. Pada hari-hari biasa, kebanyakan anak-anak sekolah. Harga tiketnya bervariasi, hari Senin sampai Kamis Rp 17.000, hari Jumat Rop 25.000, hari Sabtu, Minggu dan hari libur Rp 28.000. harga tiket film tiga dimensi pada Senin sampai Kamis Rp 35.000, sedangkan Jumat, Sabtu, Minggu, dan hari libur Rp 70.000.  

Inovasi apa saja yang sudah dilakukan Blitz Megaplex?
Setelah melakukan survei tentang penonton sinema, kami menyimpulkan bahwa saat ini orang datang ke sinema, bukan sekadar menonton, tetapi juga menikmati gaya hidup. Karena itulah Blitz Teras Kota hadir dengan sembilan auditorium dengan kapasitas seluruhnya 1.800 tempat duduk, termasuk di antaranya auditorium 3Dimensi dengan teknologi RealD, teknologi 3 dimensi yang terdepan, yang pertama di Indonesia, dan termasuk salah satu yang pertama di Asia Tenggara. Dengan stadium seating auditorium, penonton dimungkinkan tetap nyaman menonton film dari arah tempat duduk mana pun. Auditorium kami dilengkapi dengan perangkat Ultimate Surround Sound System yang menghasilkan suara surround yang sangat jernih. Blitz Megaplex hadir dengan konsep One Stop Entertainment Center. Selain sinema, juga ada blitzgamesphere, area bagi pencinta game dengan fasilitas Nintendo Wii, juga ada coffee shop, blitz-shoppe, gerai penjualan merchandise yang berkaitan dengan film dan gaya hidup, dan ruang tunggu yang nyaman. Kami juga menyediakan kids booster, penyangga tempat duduk untuk anak-anak sehingga pandangan jelas ke layar, dan kacamata tiga dimensi ukuran anak-anak agar mereka tetap nyaman menikmati film tiga dimensi di Blitz. Ini hanya ada di Blitz.

Ada kritik bahwa kursi di sinema Blitz Megaplex Teras Kota BSD tidak senyaman di tempat lainnya. Komentar Anda?

Kami mendengar aspirasi para pencinta Blitz Megaplex. Karena itu tahun 2010, kami sudah merencanakan mengganti semua kursi di semua auditorium Blitz Megaplex Teras Kota BSD dengan kursi yang sama dengan Blitz di Paris Van Java Bandung dan tempat-tempat lainnya. Kami tidak menurunkan kualitas kursi. Ini sebetulnya persoalan kerja sama dengan perusahaan kursi. Tapi kami berjanji akan mengganti semua kursi yang dianggap kurang nyaman, dengan kursi yang lebih nyaman. Kami dengarkan semua aspirasi pencinta Blitz.

Setelah sukses membuka Blitz di Bandung, Jakarta, dan Tangerang, tampaknya Blitz makin agresif membuka sinema di kota lain di Indonesia...
Kami membuka Blitz Megaplex pertama kali di Paris Van Java pada Oktober 2006 lalu. Responnya luar biasa. Kami menciptakan sistem yang membuat calon penonton tudak perlu menunggu sampai setengah jam untuk masuk ke gedung sinema. Sistem ini sudah dilakukan di banyak sinema di Malaysia, Singapura, dan Thailand. Kami terinsipirasi dari sistem sinema di sana. Selain itu kami juga memberikan kemudahan, kenyamanan bagi calon penonton dengan melakukan pembelian tiket secara online di website kami www.blitzmegaplex.com. Transaksi ini sangat mudah dan efisien serta real-time. Inovasi ini yang pertama dilakukan Blitz di Indonesia. Sukses di Bandung, kami membuka Blitz di Pacific Place di SCBD Sudirman, Grand Indonesia di MH Thamrin, dan Mall of Indonesia Kelapa Gading di Jakarta. Blitz di Teras Kota BSD merupakan Blitz ke-5. Ke depan, kami akan membuka Blitz di Bekasi Cyber Park di Kota Bekasi dan Central Park di Jakarta Barat. Setelah itu, di Surabaya, Yogyakarta, dan Makassar. (Robert Adhi Ksp) 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X