Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menata Pencahayaan Kamar Mandi

Kompas.com - 07/10/2009, 08:58 WIB

KOMPAS.com - Faktor pencahayaan sekarang ini memegang peranan penting dalam interior rumah. Suasana dan tema ruangan pun akan terdukung dengan elemen yang satu. Dengan teknik pencahayaan yang tepat, dapat menghadirkan suasana yang diinginkan, seperti kemewahan atau hangat.

Tidak melulu ruang tamu, keluarga, atau kamar makan saja yang perlu diatur pencahayaannya, tapi, kita pun dapat bermain-main dengan pencahayaan di kamar mandi.

Ya, kamar yang satu ini pun dapat disulap menjadi tempat yang menarik dengan penataan interior dan pencahayaan yang tepat. Selain lampu utama untuk menerangi kamar mandi secara keseluruhan, Anda dapat mengikuti kaidah umum teknik pencahayaan dalam ruangan pada umumnya seperti berikut ini:   

"Task lighting"
Sesuai dengan namanya, task lighting (pencahayaan setempat) digunakan untuk memberikan pencahayaan di tempat tertentu yang membutuhkan lebih banyak cahaya. Contohnya adalah memberi penerangan di dekat cermin di kamar mandi untuk membantu proses berdandan.

Satu kesalahan yang sering terjadi saat memasang lampu di cermin adalah dengan memasangnya tepat di atas cermin. Bermaksud memberi penerangan, justru kondisi yang terjadi malah menimbulkan bayangan pada wajah yang menyulitkan untuk melihat wajah dengan baik.

Untuk itu, pasanglah lampu di bagian kiri dan kanan cermin dengan jarak 36-40 inci yang dapat memberikan bias lampu yang tepat pada wajah. Kedua lampu di sisi cermin ini juga cara yang tepat untuk menerangi kamar mandi sekaligus memberi efek kamar mandi terlihat lebih luas.

"Accent lighting"
Jenis penerangan ini lebih menyajikan penerangan pada titik tertentu sekaligus kesan hangat di dalam kamar mandi. Misalnya untuk menerangi ornamen patung atau tanaman di sisi bath tub yang dapat menambah kenyamanan saat Anda berendam di dalamnya.

Ada beberapa faktor pula yang patut diperhatikan seperti, menyesuaikan lampu dengan warns dominasi di kamar mandi Anda. Pada umumnya lampu yang digunakan untuk dekorasi adalah warns kuning.

Kemudian perhatikan intensitas cahaya yang digunakan, khususnya untuk task dan accent lighting yang tidak boleh terlalu terang atau gelap karena dapat merusak unsur seninya. Untuk kemudahan mengatur gelap terangnya cahaya, Anda pun dapat menggunakan jenis lampu dimmer switch.

Terakhir, ialah faktor keamanan. Mengingat peletakan lampu di kamar mandi yang tempat paling basah di rumah, pengaturan listrik harus dilakukan dengan balk untuk menghindari kemungkinan korslet atau bahkan tersetrum.Selamat berkreasi! (AJG)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com