Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FOTO: Ke Kota Tua Yuk...

Kompas.com - 06/10/2009, 08:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Kawasan wista Kota Tua Jakarta tampaknya makin memikat. Sejak dibenahi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun lalu, warga Jakarta mulai banyak mengunjungi kawasan peninggalan zaman Belanda itu.

Pewarta foto Kompas Priyombodo, Senin (5/10) kemarin, sempat mengabadikan sejumlah pelajar yang terlihat ceria menikmati keindahan Kota Tua. Tidak hanya duduk-duduk atau berjalan-jalan di kawasan itu, mereka juga menyewa sepeda onthel untuk dikendarai berkeliling kawasan.

Dalam berbagai kesempatan, Deputi Gubernur DKI Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Aurora Tambunan menyatakan tekadnya untuk terus membenahi kawasan Kota Tua Jakarta. Secara bertahap, kendala yang menghambat pengembangan kawasan itu akan dibeanahi.

Gedung-gedung eks kantor bank, misalnya, akan diminta untuk menyediakan sedikit ruangnya bagi kepentingan pengembangan kota tua. Misalnya untuk ruang pamer industri kreatif pendukung kawasan. Juga bisa untuk resto atau kafe.

Selama ini, katanya, masih ada peraturan Bank Indonesia yang menjadi kendala, karena gedung-gedung eks bank itu hanya bisa digunakan untuk kepentingan perbankan, seperti gudang arsip atau museum bank.

Pemprov DKI juga akan memberikan insentif bagi pemilik bangunan di kawasan itu yang diwajibkan mempertahankan arsitekturnya. Mereka, misalnya, akan diberi kemudahan membuka usaha yang mendukung pengembangan kawasan kota tua.

Foto-foto: Kompas/Priyombodo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com