Agave, Si Gagah yang Mudah Dirawat

Kompas.com - 01/09/2009, 07:55 WIB
Editor

KOMPAS.com - Untuk mereka yang seringkali mengeluh kerepotan mengurus taman dan tanaman, coba deh menanam Agave. Menanamnya tidak sulit, pun merawatnya. Sosoknya gagah.

Sebagian besar jenis Agave berasal dari Amerika Selatan, khususnya Meksiko. Tanaman ini bersifat sukulen (mampu menyimpan cadangan makanan dan air). Karenanya, Agave menjadi mudah ditanam dan tak tak memerlukan perawatan ekstra.

Agave banyak ditanam, juga karena keunikan daunnya. Layaknya kebanyakan tanaman sukulen, daun Agave tebal dan sedikit kaku. Warnanya mulai dari hijau tua, hijau muda, hingga kuning. Biasanya dipercantik dengan garis kuning atau putih, di tepi daunnya.

Di taman, Agave dapat dipadukan dengan Pandan Bali, Kucai, dan tanaman-tanaman lain yang berpenampilan hampir sama. Tak perlu pusing soal penempatan. Tanaman ini menyukai sinar matahari, jadi tak perlu takut menempatkannya di area terbuka yang terkena sinar matahari dalam waktu relatif lama.

Yang penting, pastikan tanahnya cukup unsur hara dan air agar tumbuh subur. Ya, kalaupun kondisi tanah itu tidak dapat terpenuhi, tak masalah juga kok. Agave dapat bertahan tumbuh pada tanah yang kering, dalam waktu relatif lama. (iDEAonline/Annisa Q. Aini)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.