Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantin Kejujuran Sukses, Walikota Padang Peroleh Satya Lencana Akutila

Kompas.com - 19/01/2009, 19:44 WIB

JAKARTA, SENIN - Walikota Padang Fauzi Bahar peroleh penghargaan Satya Lencana Akutila dari Kejaksaan Agung Republik Indonesia. Kejaksaan Agung menilai Fauzi Bahar sukses melaksanakan program Kantin Kejujuran. Program Kantin Kejujuran adalah bagian dari program Gerakan Aksi Langsung Anti korupsi Sejak Dini (Galaksi), yang dicanangkan Kejaksaan Agung bekerjasama dengan Karang Taruna Nasional.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang Hasrul Piliang mengatakan hal itu, Senin (19/1), melalui telepon dari Padang. "Hari ini, bertempat di SMPN 2 Kota Jambi, dalam rangkaian acara Kantin Kejujuran yang ke 3.000, Jaksa Agung Hendarman Supandji langsung menyematkan penghargaan tertinggi itu kepada Fauzi Bahar," katanya.  

Menurut Hasrul, Kantin Kejujuran itu kurang lebih artinya, ialah sekolah yang menyediakan kebutuhan konsumsi/penganan kecil siswa tanpa adanya pelayan yang menerima uang pembelian atau kasir. Siswa diminta menaruh pembayaran sendiri di tempat yang telah ditentukan sesuai tarif yang diterakan pada penganan yang dijual.  

Sejak program Kantin Kejujuran digulirkan Kejaksaan Agung, Pemkot Padang termasuk yang pertama merespon program ini dan langsung meresmikan pengadaan Kantin Kejujuran di beberapa sekolah di Kota Padang. "Terakhir bulan lalu, wali kota bersama Kejaksaan Tinggi Sumatra Barat meresmikan Kantin Kejujuran di SMAN 1 Padang. Kesungguhan inilah yang dinilai sehingga Fauzi Bahar dianugerahi penghargaan itu," tambah Hasrul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com