Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo, Gunakan Lampu Hemat Energi!

Kompas.com - 30/12/2008, 16:49 WIB

PEMAKAIAN lampu hemat energi sudah banyak diterapkan. Lampu hemat energi, atau yang sering disebut compact fluorescent lamp (CFLs) adalah teknologi terbaru pengganti lampu pijar. CFLs mempunyai banyak kelebihan hingga semakin banyak orang memakainya.

Dia bekerja lebih efektif dibanding lampu pijar sehingga dikatakan lampu hemat energi. CFLs mempunyai umur yang lebih lama. Jika rata-rata umur lampu pijar 1.500-2.000 jam, CFLs umur pakainya mencapai 15.000 jam. Hingga penghematan umur lampu yang dapat diperoleh mencapai 80 persen.

"Cahaya yang dipancarkan lampu hemat energi juga satu setengah kali lebih kuat dibanding lampu pijar," ujar Sujay, Marketing Megaman Lamp. Jika pada lampu pijar 25 watt akan menghasilkan pencahayaan yang sama, lain halnya dengan CFLs. "Dengan lampu hemat energi 5 watt akan menghasilkan kecerahan setara 25 watt lampu pijar," tambahnya.

Keuntungan lain, CFLs adalah kemudahan akan instalasi. Untuk seri-seri tertentu dari CFLs sudah integrated ballast. Hingga tidak perlu pengeluaran lagi untuk membeli ballast tambahan. Ketika menyala, temperatur lampu CFLs pun lebih rendah dibandingkan dengan lampu pijar. Perbandingannya mencapai setengah kalinya, hingga penggunaan AC bisa diminimalkan. *

 

Whery

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com