Ayo, Gunakan Lampu Hemat Energi!

Kompas.com - 30/12/2008, 16:49 WIB
Editor

PEMAKAIAN lampu hemat energi sudah banyak diterapkan. Lampu hemat energi, atau yang sering disebut compact fluorescent lamp (CFLs) adalah teknologi terbaru pengganti lampu pijar. CFLs mempunyai banyak kelebihan hingga semakin banyak orang memakainya.

Dia bekerja lebih efektif dibanding lampu pijar sehingga dikatakan lampu hemat energi. CFLs mempunyai umur yang lebih lama. Jika rata-rata umur lampu pijar 1.500-2.000 jam, CFLs umur pakainya mencapai 15.000 jam. Hingga penghematan umur lampu yang dapat diperoleh mencapai 80 persen.

"Cahaya yang dipancarkan lampu hemat energi juga satu setengah kali lebih kuat dibanding lampu pijar," ujar Sujay, Marketing Megaman Lamp. Jika pada lampu pijar 25 watt akan menghasilkan pencahayaan yang sama, lain halnya dengan CFLs. "Dengan lampu hemat energi 5 watt akan menghasilkan kecerahan setara 25 watt lampu pijar," tambahnya.

Keuntungan lain, CFLs adalah kemudahan akan instalasi. Untuk seri-seri tertentu dari CFLs sudah integrated ballast. Hingga tidak perlu pengeluaran lagi untuk membeli ballast tambahan. Ketika menyala, temperatur lampu CFLs pun lebih rendah dibandingkan dengan lampu pijar. Perbandingannya mencapai setengah kalinya, hingga penggunaan AC bisa diminimalkan. *

 

Whery

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.