Ragam Manfaat Karpet

Kompas.com - 28/11/2008, 16:13 WIB
Editor

SELAMA ini banyak orang mengenal karpet hanya sebagai alas penutup lantai atau alas duduk. Padahal, karpet memiliki berbagai manfaat lainnya, lho. Apa saja? Simak uraian menariknya di bawah ini.

  • Pencipta suasana pada ruangan. Variasi warna dan motif pada karpet bisa mendukung terwujudnya tema pada ruangan. Contohnya, karpet berwarna lembut dan bermotif floral, bisa menciptakan kesan romantis pada ruangan.
     
  • Sebagai alas furnitur. Dengan adanya karpet sebagai alas, furnitur akan terhindar dari pergeseran langsung dengan lantai. Pergeseran demikian, seringkali menimbulkan "cacat" pada permukaan lantai maupun furnitur Anda.
     
  • Memberikan kenyamanan saat berjalan. Bahan dan tekstur benang atau bulu pada karpet berbeda-beda. Mulai dari yang halus hingga kasar. Perbedaan tersebut bisa memberikan sensasi tersendiri, pada saat menyentuh telapak kaki. Sehingga tercipta kenyamanan bagi orang-orang yang melangkah di atasnya.
     
  • Sebagai peredam kebisingan. Keberadaan karpet bisa berfungsi sebagai peredam suara bising. Baik suara dari radio atau televisi, maupun dari langkah-langkah kaki. Karpet juga bisa meredam kebisingan yang mungkin terdengar antara lantai satu dan dua dalam rumah.
     
  • Menciptakan focal point dengan segera. Dengan meletakkan karpet berwarna berbeda dari warna ruangan, Anda bisa menjadikan karpet sebagai titik perhatian (focal point). Atau Anda juga bisa menempatkan karpet bermotif, jika ruangan Anda didominasi oleh furnitur yang berkesan polos dan datar.

 

Anissa



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X