Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cucu Rima Melati Menjadi Korban Ryan

Kompas.com - 31/07/2008, 06:51 WIB

JAKARTA, KAMIS - Satu di antara 11 jenazah korban pembunuhan yang diduga dilakukan Very Idam Henyansyah alias Ryan (30) diperkirakan adalah cucu Rima Melati. Ia adalah Graddy Adam (30), yang sebelumnya disebut sebagai Grandy, warga negara Belanda. Mayatnya diotopsi dan akan diuji DNA-nya pekan depan.

Demikian disampaikan bintang film tiga zaman Rima Melati, Head Office Talent Artist Relation Global TV Putu Putri Ayu (31), dan sejumlah bintang sinetron yang tidak bersedia disebutkan namanya, yang dihubungi terpisah, Rabu (30/7). Penjelasan mereka dibenarkan oleh Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Carlo Brix Tewu.

"Ketika Pak Carlo menyampaikan dugaan bahwa cucu kami menjadi salah satu korban Ryan, saya segera menghubungi ibu Graddy. Ibunya mengatakan, Graddy sudah setahun ini tidak pulang," ungkap Rima.

Polisi menemukan jenazah Graddy dalam satu lubang bersama jenazah Vincentius Yudhi Priyono (30) dan Ariel Somba Sitanggang (34) di halaman belakang rumah Ryan di Tembelang, Jombang, Jawa Timur, Senin (21/7).

SMS misterius

Rima mengaku, pada Januari 2008 ia mendapat SMS misterius dari ponsel Graddy yang mengatakan Graddy sudah tewas karena kecelakaan. "Saya kaget. Pikir saya, ini orang kok berguraunya keterlaluan," ucapnya.

Ternyata SMS serupa juga diterima Ayu. "Saya pikir, lewat SMS itu Graddy bergurau karena ia memang sering membual dan membuat orang kaget. Orangnya memang lincah dan mudah bergaul. Ia indekos di kawasan Cipete, Jakarta Selatan," ujarnya.

Ayu menjelaskan, Graddy adalah finalis VJ Hunt MTV yang diadakan Global TV pada tahun 2007. Kepada Ayu, Graddy mengaku berperilaku seks menyimpang. Rima pun mengakui cucunya homoseksual.

"Saya menduga, Ryan merampok lalu membunuh cucu saya. Setelah melakukan hal itu, pelaku menyebar SMS misterius itu kepada seluruh keluarga kami dan kawan-kawannya yang tercatat di ponsel Graddy," ujar Rima.

Ayu membenarkan, Graddy suka memakai sepatu bot hitam tebal seperti yang ditemukan polisi di rumah Ryan. Pada hari Rabu (23/7) polisi menyita 10 kantong barang bukti yang antara lain berisi barang-barang milik Graddy, seperti sepatu bot.

Sejumlah artis pendukung sinetron Anakku Bukan Anakku yang dihubungi terpisah menyampaikan penjelasan serupa. "Aku kenal ia di sinetron itu tahun lalu. Ponselnya penuh foto pria ganteng. Orangnya periang. Dalam sinetron itu ia berperan sebagai kawan Roger Danuarta, pemeran utama," tutur pemeran ibunda Danuarta yang tak mau disebut namanya.

Menurut Carlo, pihaknya telah menguji DNA ibu Graddy. "Tinggal dicocokkan dengan hasil uji DNA jenazah Graddy," tuturnya.

Menurut Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Abu Bakar Nataprawira, otopsi dan uji DNA jenazah Graddy baru dilakukan setelah Polda Jatim selesai melakukan hal itu terhadap enam jenazah warga Jatim lainnya. (INK/WIN/DEE/ABK/MUK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com