Sahid Group Siapkan Rp 300 Miliar Bangun Lima Proyek Baru - Kompas.com

Sahid Group Siapkan Rp 300 Miliar Bangun Lima Proyek Baru

Kompas.com - 14/03/2015, 16:24 WIB
http://sahidyogyalifestyle.com Sahid Yogya Lifestyle City
JAKARTA, KOMPAS.com - Imperium bisnis nasional, Sahid Group, menganggarkan dana Rp 300 miliar belanja modal untuk mendanai lima proyek baru yang akan mulai dibangun tahun 2015.

Kepastian tersebut disampaikan Vice President Director Sahid Group, Haryadi B Sukamdani, kepada Kompas.com, usai prosesi pembukaan Sahid Sudirman Center di Sahid City, Jl Jend Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3/2015).

"Kami akan menyiapkan dana Rp 300 miliar untuk memulai pembangunan lima proyek di empat kota, Semarang, Surabaya, Timika, dan Ciracas (Jakarta Timur)," tutur Haryadi.

Haryadi menuturkan, kelima proyek tersebut adalah kondotel 200 unit dan apartemen 200 unit di Semarang, 500 unit apartemen di Ciracas, Jakarta Timur, kondotel dan apartemen 550 unit di Surabaya, hotel bintang dua Griyadi 120 kamar juga di Surabaya, serta mixed use project (proyek multifungsi) di Timika, Papua.

"Proyek multifungsi akan mencakup kondotel, apartemen, pusat belanja, hotel, dan ruang konvensi," jelas Haryadi.

Dibidiknya pasar Papua, lanjut dia, karena potensi pasarnya besar. Hal ini ditandai dengan semakin meningkatnya kebutuhan hunian, hiburan, konvensi, eksebisi, dan ruang ritel sebagai dampak positifnya pertumbuhan ekonomi Papua.

Kebutuhan ini terutama berasal dari perusahaan-perusahaan tambang, macam tambang emas,  yang banyak mempekerjakan karyawan dari luar Papua.

"Mereka menyediakan home ownership program  (HOP) untuk para pekerja. Kebutuhan ini yang belum terakomodasi maksimal di Papua," imbuh Haryadi seraya menambahkan, nilai investasi lima proyek ini diperkirakan sekitar Rp 1,5 triliun-Rp 2 triliun.

Terkait renovasi Grand Sahid Jaya yang berada dalam pengembangan Sahid City, Haryadi mengatakan akan mengubah fasadnya menjadi lebih modern dan disertai penambahan kamar. Saat ini, kamar hotel dengan klasifikasi bintang lima tersebut sebanyak 731 unit.

Jika seluruh proyek tersebut rampung terbangun, maka Sahid Group akan memiliki dan mengelola sebanyak 274 hotel berbagai kelas, mulai bintang dua hingga bintang lima.

Sahid Yogya Lifestyle Center

Selain membuka gedung perkantoran Sahid Sudirman Center, Sahid Group juga akan membuka Sahid Yogya Lifestyle City. Proyek ini berada di atas lahan seluas 2,2 hektar, mengintegrasikan kondotel, mal, convention center, area parkir dan area hijau.

Vice President Sahid Group, Exacty Sukamdani Sryantoro menjelaskan bangunan baru ini memiliki luas bangunan mencapai 55.393 meter persegi dengan konsep pewayangan di dalamnya.

"Kondotel dibangun di atas mal dan terdiri dari 9 lantai. Jumlah totalnya sebanyak 543 unit. Nilai investasi sekitar Rp 750-Rp 800 miliar,” ujar Exacty.

Haryadi menambahkan, pusat belanja Sahid Yogya Lifestyle City akan resmi beroperasi dan menerima pengunjung pada Mei 2015. Sementara untuk keseluruhan kompleks bangunan dijadwalkan akhir Desember 2015 beroperasi.


EditorHilda B Alexander

Close Ads X