Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Kucurkan Rp 250 Miliar untuk Apartemen di Bekasi

Kompas.com - 03/01/2015, 11:09 WIB
Latief

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com - Pengujung 2014 Bank BTN masih mengucurkan kredit, yang kali ini diberikan kepada PT PP Properti. Kredit senilai Rp 250 miliar tersebut disalurkan untuk pembangunan apartemen Grand Kamala Lagoon di Bekasi.

"Rencananya akan dimanfaatkan untuk mendukung pembiayaan pembangunan apartemen itu. Jumlahnya sekitar 1.464 unit," ujar Mansyur S. Nasution, Direktur Bank BTN, kepada Kompas.com, Sabtu (3/1/2015).

Mansyur mengatakan, pembangunan apartemen tersebut dikerjakan oleh anak usaha PT PP (Persero) Tbk. Penandatanganan kerjasama dengan PT PP Properti untuk pengucuran kredit tersebut sudah dilakukan Selasa (30/13/2014) lalu.

Mansyur menuturkan, ada dua materi kerjasama yang disepakati oleh Bank BTN dan PT PP Properti. Pertama, kerjasama tentang pemberian kredit untuk pembangunan Apartemen Grand Kamala Lagoon di atas lahan seluas + 25 Ha. Kedua, kerjasama pemberian kredit konsumtif (Kring Batara) kepada pegawai PT PP Properti. Ruang lingkup kerjasama meliputi dukungan fasilitas kredit/pembiayaan yang diberikan Bank BTN untuk proyek  apartemen Grand Kamala Lagoon  oleh PT PP Properti.

"Dalam kerjasama ini, BTN memberikan fasilitas kredit konstruksi untuk pembangunan apartemen tersebut. Selain itu kami juga memberikan kredit konsumsi kepada para pegawai PT PP Properti dengan plafon kredit maksimum Rp 500 juta per orang," kata Mansyur.

Ada pun pembiayaan konstruksi untuk Tower Emerald North di apartemen tersebut diperkirakan mencapai Rp 131 miliar untuk 920 unit. Sementara itu, untuk pembiayaan pembangunan Tower Emerald South diperkirakan mencapai Rp 119 Miliar untuk 544 unit.

Mansyur menjelaskan, sampai dengan November 2014 lalu BTN telah menyalurkan kredit konstruksi (outstanding) hampir mencapai Rp 14 triliun. Angka ini melebihi target akhir tahun 2014 yang ditetapkan sebesar Rp 13 triliun.

Sebelumnya Mansyur menjelaskan masuknya BTN memberikan pembiayaan kepada pengembang besar bukan berarti menggeser peran sebagai pendukung utama program rumah bersubsidi. Dia menegaskan, BTN tetap konsisten mendukung program pembiayaan perumahan rakyat yang ditetapkan oleh Pemerintah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com